Kumpulan Quotes Panglima TNI Jenderal Soedirman yang Tak Lekang Oleh Waktu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jenderal Soedirman dikenal sebagai sosok yang gigih dan pantang menyerah. Meskipun dalam kondisi sakit, beliau tetap melanjutkan gerilya melawan agresi militer Belanda. Maka tidak heran apabila perjuangan Jenderal Soedirman banyak menginspirasi bangsa Indonesia.

Berikut ini kata-kata bijak Jenderal Soedirman yang inspiratif dan bisa membangkitkan semangat nasionalisme rakyat Indonesia.

1. Lebih baik di bom atom dari pada tidak merdeka 100%.

2. Pertahankan kemerdekaannya sebulat-bulatnya. Sejengkal tanah pun tidak akan kita serahkan kepada lawan, tetapi akan kita pertahankan habis-habisan. Meskipun kita tidak gentar akan gertakan lawan itu, tetapi kita pun harus selalu siap sedia.

3. Mari, marilah, seluruh barisan, badan-badan berjuang sungguh-sungguh dan jangan membiarkan rakyat menjadi korban.

4. Kami tentara Republik Indonesia akan timbul dan tenggelam bersama negara.

5. Tentara tidak boleh menjadi alat suatu golongan atau orang siapapun juga.

6. Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini, tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih. Akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi.

7. Pelihara TNI, pelihara angkatan perang kita, jangan sampai TNI dikuasai oleh partai politik manapun juga. Ingatlah, bahwa prajurit kita bukan prajurit sewaan, bukan prajurit yang mudah dibelokkan haluannya, kita masuk dalam tentara, karena keinsyafan jiwa dan sedia berkorban bagi bangsa dan negara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini