Komunitas Vespa di Indonesia, Kegiatannya Seru-Seru!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Vespa menjadi salah satu kendaraan yang banyak sekali penggemarnya.

Penggemar Vespa ini tergabung dalam perkumpulan atau komunitas yang biasanya sesuai dengan domisili pemiliknya. Misalnya, pemilik Vespa dari Jakarta Selatan, bergabung dengan salah satu komunitas yang ada di wilayahnya. Kenapa salah satu? Karena saking ramainya komunitas yang ada bahkan bisa disatu komplek perumahan ada komunitas Vespanya!

Lalu apa saja sih, yang biasa dilakukan oleh komunitas-komunitas Vespa ini? Yuk simak untuk tahu lebih lanjut!

Kopi Darat
Kopi darat (kopdar) biasa diistilahkan tentang pertemuan yang direncanakan oleh seseorang dan orang lainnya biasanya yang mempunyai ketertarikan yang sama, dan kemungkinan besar obrolannya seputar ketertarikan yang sama tersebut. Dalam hal ini, para penggemar Vespa, baik klasik maupun modern, sering mengadakan kopi darat. Biasanya di kafe atau rumah makan.

Salah satunya komunitas Modern Vespa dari Tangerang Selatan (MOVE Tangsel), dalam Instagram komunitasnya, @movetangsel. Mereka sering mengadakan kopdar di beberapa tempat dan mengajak followersnya untuk ikut serta, tak lupa mereka juga mendokumentasikan kegiatan kopdar mereka dan diunggah di akun komunitas.

Sunmori
Vespa tidak hanya dimiliki, tapi juga dikendarai. Terutama pada waktu lenggang, mengendarai Vespa menjadi hal seru tersendiri, termasuk Sunday Morning Ride (Sunmori). Sunmori adalah kegiatan berkendara yang dilakukan di Minggu pagi.

Biasanya Sunmori diprakasai oleh satu komunitas ataupun satu orang, dan mengajak komunitas lainnya untuk ikut bergabung, seperti kopdar, namun kegiatan utamanya adalah ramai-ramai berkendara.

Seperti yang didokumentasikan oleh seorang Vloger bernama Aldo Gustian, dalam kanal youtube pribadinya, AG OTOVLG dengan judul “Sunmori Rame + Hunting Foto”. Ia dan beberapa komunitas Vespa berkumpul untuk Sunmori dan diakhiri dengan makan-makan bersama.

Foto
Kegiatan lainnya yang biasa dilakukan oleh para anggota komunitas Vespa adalah foto. Biasanya berburu foto ini, dilakukan ketika Kopdar ataupun Sunmori.  Anggota komunitas melakukan sesi foto dengan obyek Vespa milik anggota komunitas lainnya. Mereka mengambil obyek motor Vesva yang menarik dan bisa menjadi inspirasi untuk meningkatkan bagian Vespa miliknya.

Pada vlog AG OTOVLG, Aldo melakukan sesi foto kepada beberapa Vespa yang ada. Foto yang diambil adalah foto Vespa dengan vleg ban yang menarik perhatian Aldo. Vleg ban itu asli keluaran Piaggio seharga Rp 4 juta untuk bagian depan dan belakang.

Bakti Sosial
Ramainya komunitas Vespa, baik Vespa klasik maupun modern, membuat sejumlah anggota mempunyai usul untuk tetap berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Kegiatan bakti sosial (Baksos) pun menjadi pilihan bagi beberapa komunitas.

Salah satunya baksos yang diadakan oleh AG Project. Pada awal Januari 2020 lalu, baksos ini diperuntukan kepada korban banjir di Jakarta. Kegiatan pengumpulan dana baksos ini diikuti oleh komunitas Vespa klasik dan Vespa modern. Dalam vlog tersebut, diantaranya Vescoot Jakarta, Scooter Art, hingga penjual aksesoris untuk Vespa, yaitu Scooter Racun, turut menyumbang dana untuk korban banjir.

Kegiatan ini. didokumentasikan dalam vlog milik kanal AG OTOVLG yang berjudul “Sunmori Charity Vespa Classic dan Vespa Matic!”. Dan ditutup dengan berkumpulnya semua anggota komunitas disuatu kafe.

Sebenarnya masih banyak kegiatan yang dilakukan tiap komunitasnya, seperti Touring dan Night Drive atau jalan-jalan malam, Gathering, dan lainnya. Jika kalian punya Vespa, jangan ragu untuk ikut komunitasnya! Pasti seru.

Reporter: Fiolita Dwina Astari

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini