Kenali Bahaya Cat Rambut yang Sebabkan Penyakit Vitiligo

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Mengecat rambut dengan warna yang kamu mau memang hal yang menyenangkan. Selain seru, mengubah warna rambut juga bisa menunjang penampilanmu.

Namun, perlu kamu ketahui jika sering mengecat rambut dapat menyebabkan Vitiligo loh!

Vitiligo merupakan penyakit kulit, yakni pigmen melanin berhenti terproduksi sehingga menyebabkan bercak putih susu pada kulit. Hal tersebut tentunya membuat penderitanya kehilangan kepercayaan diri.

Pada dasarnya, cat rambut mengandung bahan kimia yang disebut fenol. Bahan tersebut tentunya tak aman bagi kesehatan kulit jika terlalu sering terapapar.

Menurut dr. Dian Pratiwi, SpKK, selaku dokter kulit dan kelamin di klinik Pramudia menjelaskan, jika bahan kimia fenol, bisa menjadi faktor penyakit vitiligo.

“Karena cat rambut itu mengandung fenol, maka jika terlalu sering kulit bisa iritasi, dan bahkan parahnya bisa merusak pigmen kulit dan terjadilah vitiligo,” ujarnya dalam seminar di Jakarta, Rabu 20 November 2019.

Vitiligo bukanlah penyakit kulit yang mematikan dan ia pun tidak menular. Namun, tak sedikit penderitanya mengalami depresi karena kurangnya kepercayaan diri. Makanya, kamu perlu pikir dua kali ya, untuk menggonta-ganti warna rambut. (Annastasya Rizqa/RyV)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini