Menara Eiffel
Menara Eiffel Paris

MATA INDONESIA, JAKARTA – Salah satu ikon dunia, Menara Eiffel bakal diubah dari segi warna menjadi keemasan oleh pemerintah Prancis, untuk menyambut Olimpiade Paris 2024.

Warna cat lama bakal dihapus, lalu diganti dengan yang baru. Selama ini, Menara Eiffel sudah 19 kali berganti warna, mulai dari oranye, hijau hingga kuning.

“Mengapa Gustave Eiffel memilih warna kuning-coklat? Mungkin agar Menara Eiffel terlihat menonjol di seluruh kota Paris, dengan pemukimannya yang mayoritas terbuat dari batu kapur,” kata kepala arsitek monumen bersejarah Prancis, Pierre-Antoine Gatier, seperti dikutip pada Selasa 16 Februari 2021.

Diprediksi, pengecatan ulang Menara Eiffel akan menelan biaya sekitar 50 juta euro atau setara Rp 846 miliar, mengingat pengerjaannya membutuhkan tenaga ekstra, waktu dan risiko yang besar.

Selain menghadapi ketinggian, tim kontraktor juga bakal menghadapi bahaya pengelupasan cat lama yang mungkin mengandung timbal, bahan kimia berbahaya.

Adapun target penyelesaian renovasi menara ini adalah tahun 2022. Di kawasan ini direncanakan tempat ajang triathlon dan renang yang digelar di dekatnya. Dan kawasan sekitarnya juga akan berfungsi sebagai tempat acara hiburan selama pertandingan.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here