Jarang Disadari, Ini Tanda Tubuhmu Kurang Olahraga

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Olahraga merupakan aktivitas yang penting dilakukan untuk menjaga tubuh tetap segar. Namun, terkadang olahraga memakan waktu yang lama sehingga banyak orang yang masih mengabaikan kegiatan ini.

Padahal, banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuhmu jika olahraga rutin dilakukan. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, membuat tubuh lebih bugar dan masih banyak lagi.

Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat merekomendasikan untuk berolahraga selama 150 menit dengan intensitas sedang dalam sepekan. Waktu ini dinilai cukup untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Nah, jika kamu tipe orang yang malas berolahraga, kamu perlu memahami tanda pada tubuhmu yang mengartikan kamu perlu melakukan aktivitas tersebut. Sebab, itu merupakan sinyal bahwa kamu perlu lebih sering bergerak.

Apa saja sih tanda-tandanya? Yuk simak!

  1. Sering Sakit

Tanda pertama tubuhmu kurang olahraga ialah sering mengalami sakit. Ini merupakan bukti bahwa imunitas atau sistem daya tahan tubuhmu sedang tidak bagus.

Maka, tubuhmu memberikan tanda seperti kelelahan, sakit kepala, flu dan sebagainya. Untuk itu, kamu perlu meningkatkan frekuensi olahragamu serta mengonsumsi makanan sehat agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

2. Napas Terasa Berat

Perlu kamu tahu nih gaes, jika napasmu terasa sangat berat, ini juga menandakan tubuhmu kurang olahraga. Napas yang terasa berat menjadi salah satu tanda umum yang dikirimkan tubuh untuk mengingatkan kamu agar berolahraga.

Sebab, sesak napas menjadi tanda penurunan metabolisme tubuh dan sistem kardiovaskular. Kedua masalah tersebut dapat diatasi dengan cara berolahraga secara rutin.

3. Sulit Tidur

Tahukah kamu, merasa kesulitan tidur juga merupakan tanda kamu kurang olahraga loh. Olahraga dan aktivitas fisik lainnya dapat mempercepat kinerja seluruh tubuh, termasuk jam tubuh yang bertugas untuk mengontrol siklus tidur.

Seorang ahli mengatakan, jika kamu mengalami insomnia yang tidak biasa, olahraga dapat membantu mengatur ritme sirkadian tubuh dan mengembalikannya seperti sedia kala. Jadi, jika merasa susah tidur di malam hari, cobalah untuk rutin berolahraga ya.

4. Buang Air Tidak Teratur

Olahraga juga dapat memengaruhi sistem pencernaan. Buang air besar yang tidak teratur menjadi salah satu tanda tubuh kekurangan olahraga. Jika kamu merasa buang air tidak lancar, mungkin memerlukan beberapa aktivitas fisik untuk merangsang usus besar.

Olahraga dapat merangsang aktivitas usus yang bertugas memindahkan limbah atau kotoran melalui saluran pencernaan. Semakin banyak Anda berolahraga, semakin sedikit waktu yang dibutuhkan makanan untuk melewati usus besar.

5. Mood Turun

Satu lagi tanda kamu kurang olahraga ialah mood kamu yang menurun. Selain baik untuk kesehatan fisik, olahraga juga baik untuk kesehatan mental.

Olahraga dapat meningkatkan produksi hormon dopamin dalam tubuh yang dapat memberikan rasa senang dan meningkatkan produktivitas. Hormon dopamin yang rendah membuat suasana hati menurun, mudah frustrasi, marah, dan sedih.

Olahraga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan memperbaiki gejala-gejala psikis yang berkaitan dengan depresi dan gangguan cemas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini