Iam Moeslim

MATA INDONESIA, JAKARTA – Udah hari Jumat lagi nih gaes. Udah siap belum banyak-banyakin pahala di Jumat berkah ini?

Bagi unat Islam, hari Jumat selalu ditunggu karena mendatangkan banyak keberkahan. Salah satu keutamaan yang bisa kamu petik di hari Jumat ialah dikabulkannya doa-doa.

Pada dasarnya, di hari Jumat umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak berdoa. Akan tetapi, tahukah kamu kapan waktu mustajab untuk berdoa di hari Jumat agar doamu lebih mudah di kabulkan?

Rasulullah SAW bersabda, waktu yang paling mustajab pada hari Jumat untuk berdoa ialah ba’da Ashar.

“Pada hari Jumat, terdapat 12 jam (pada siang hari), diantara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslim pun memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah Dia di akhir waktu setelah Ashar. (HR. Abu Dawud)

Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid Hafidzahullah menjelaskan maksud ba’da Ashar tersebut.

“Bagi yang menginginkan mencari waktu mustajab setelah Ashar hari Jumat, ada beberapa cara:

1. Tetap tinggal di masjid setelah shalat Ashar, tidak keluar dari masjid dan berdoa. Ditekankan ketika akhir waktu Ashar (menjelang Maghrib) ini adalah kedudukan yang tinggi.

2. Berangkat ke masjid menjelang Magrib, kemudian shalat tahiyatul masjid, berdoa sampai waktu Ashar ini adalah kedudukan pertengahan

3. Duduk ditempatnya, rumah atau yang lain, berdoa kepada Rabb-nya sampai akhir waktu sampai akhir waktu Ashar. Ini ialah kedudukan terendah. (Fatwa Sual Wal Jawab no. 112165

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here