Masakan Daging (pinterest)

MATA INDONESIA, – Perayaan Idul Adha selalu identik dengan hidangan yang serba daging. Entah itu daging kambing ataupun sapi.

Di Indonesia sendiri, hidangan serba daging khas momen Idul Adha memang banyak. Mulai dari gulai, tongseng, hingga sate. Tapi, kamu bisa loh intip 5 masakan khas Timur Tengah ini supaya olahan dagingmu ga bikin bosen.

1. Nalli Nihari (India)

Nalli Nihari (sanjeevkapoor)

Masakan pertama dari negara asal aktor Bollywood, Shahrukhan, India. Yap! Nalli Nihari.

Hidangan satu ini mirip dengan gulai yang sering kita jumpai di Indonesia. Namun bedanya, Nalli Nihari ditambah dengan tulang berisi sumsum kemudian diolah dengan bumbu dan rempah yang kuat khas masakan India.

2. Tagine (Maroko)

Tagine (delish.com)

Jika bosan dengan sajian daging berkuah kental, coba deh resep Tagine khas Maroko ini. Tagine biasanya terbuat dari daging domba, kambing atau ayam.

Lalu, daging tersebut ditumis dengan sayur mayur seperti wortel, bawang bombay dan daun-daunan lainnya. Lebih nikmat lagi, Tagine disajikan dengan taburan kismis diatasnya.

3. Oruk

Oruk (pinterest)

Siapa bilang jika hidangan Idul Adha tak bisa menjadi cemilan enak? Nih cobain masakan khas Turki, Oruk.

Sekilas, Oruk memang mirip dengan comro. Tapi sebenarnua ini bakso goreng loh! Diisi dengan daging sapi, kambing atau domba yang di cincang kemudian dimasak dengan bumbu rempah seperti jinten, lada hitam, lada merah dan garam. Sedap kan?

4. Fassaoulia

Fassoulia (pinterest)

Selanjutnya dari Lebanon, ialah Fassoulia. Jika dilihat, masakan ini mirip dengan semur daging yang tentu rasanya sudah tak asing di lidah warga Indonesia. Bedanya, daging sapi atau domba yang menjadi main star di hidangan ini diolah bersama kacang-kangan seperti kacang mete atau kancang panjang.

5. Shuwa

Shuwan (omanobserver)

Hidangan terakhir khas Timur Tengah yang bisa kamu recook ialah Shuwa. Uniknya, masakan khas Oman ini mirip dengan Pepes loh! Bukan berbahan dasar ikan, melainkan daging domba atau unta.

Tapi jangan sedih. Meski begitu, kamu tetap bisa memasak Shuwa dengan daging sapi atau kambing, lalu direndam dalam bumbu rempah dan dibungkus dengan daun pisang kemudian dipanggang dalam oven.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here