Jaga Kesehatan Peredaran Darah dengan Olahraga Sederhana

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kabar sakitnya Ustaz Yusuf Mansur memang mengagetkan publik, khususnya umat Islam. Beliau dilarikan ke rumah sakit terkait penyakit penyumbatan pembuluh darah yang menimpanya.

Nah, perlu kamu pahami gaes bahwa kesehatan pembuluh darah juga perlu kita perhatikan. Mengingat pembuluh darah merupakan jalan untuk mengantarkan darah kita ke organ-organ penting, salah satunya jantung.

Maka dari itu, kamu tak boleh menyepelekan masalah sistem peredaran darah ini. Karena ketika bermasalah dan sistem sirkulasi jadi memburuk, itu bisa menghalangi aliran darah yang bisa mengakibatkan sel-sel dalam tubuh tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang baik.

Dampak penyakit yang mengintai pun mengerikan, mulai dari stroke hingga serangan jantung.

Oleh karena itu, penting untuk kita sadar akan kesehatan peredaran darah dengan menerapkan pola hidup sehat, mulai dari jaga makanan hingga berolahraga.

Ada beberapa jenis olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan peredaran darahmu. Apa aja sih? Kuy simak!

1. Berjalan

Hayo, siapa yang disini malas jalan kaki. Duh, tinggalin kebiasaan buruk itu deh. Sebab, dengan malas berjalan peredarah darahmu bisa jadi gak lancar loh.

Dilansir dari beberapa sumber, berjalan sedikitnya selama 30 menit bisa jadi opsi olahraga yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, seperti lancarnya sirkulasi darah, memperbaiki kinerja organ vital seperti jantung dan paru-paru, serta melancarkan metabolisme tubuh.

2. Bersepeda

Mumpung lagi hits dan jadi gaya hidup baru masyarakat, ada baiknya kamu juga ikutan bersepeda untuk melancarkan aliran darah dalam tubuhmu.

Selain bisa untuk melancarkan sirkulasi darah, bersepeda juga baik untuk otot daerah paha dan kakimu. Lakukanlah olahraga ini saat pagi ataupun sore hari. Tapi, tetap harus sesuai dengan protokol kesehatan ya.

3. Senam Aerobic

Peredaran yang sehat dan lancar diakibatkan karena kamu yang aktif bergerak. Oleh karena itu, senam aerobic bisa jadi opsi olahraga untuk melancarkan peredaran darahmu.

Senam aerobic identik dengan suara musik yang membangkitkan rasa senangat. Dengan demikian, senam aerobic bisa membantu melancarkan sirkulasi aliran darah dalam tubuhmu.

4. Berenang

Jika kamu memiliki waktu luang untuk pergi ke fasilitas olahraga, maka kamu bisa memilih olahraga renang untuk melancarkan sirkulasi darah.

Bahkan tak cuma baik untuk peredarah darah, berenang juga bisa membakar lemak dan bisa mengendurkan syaraf-syaraf yang tegang. Jadi, olahraga apa yang bakal kamu pilih hari ini?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini