Jadwal Lengkap dan Jenis Imunisasi Bayi, Bunda Wajib Tahu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA - Hai Bunda, sudahkah membawa si kecil untuk imunisasi? Atau masih bingung jenis imunisasi apa saja yang wajib didapat buah hati Anda?

Jangan sampai salah jadwal dan jenis imunisasi ya Bun. Sebab jika salah kasih imunisasi bisa berakibat fatal untuk hidup si kecil, terutama untuk melindunginya dari berbagai macam penyakit.

Lalu apa saja jenis imunisasi yang wajib didapatkan si Kecil sejak lahir, beserta tambahannya? Berikut penjelasan selengkapnya.

Berikut beberapa imunisasi wajib yang harus diberikan pada bayi menurut usianya, antara lain:

  • Imunisasi bayi baru lahir (0 bulan)

    Imunisasi yang diberikan kepada bayi sebelum umur satu bulan adalah BCG, HB-0, dan Polio-0.

    Sebaiknya, pemberian vaksin BCG dilakukan sebelum si Kecil berusia 3 bulan, atau optimal usia 2 bulan. Namun jika diberikan pada usia 3 bulan keatas, maka perlu dilakukan uji tuberculin terlebih dahulu.

    Vaksin Hepatitis B (HB-0) diberikan ketika si Kecil baru lahir. Namun waktu yang paling baik adalah sebelum waktu 12 jam setelah lahir. Vaksin ini berfungsi untuk mencegah penularan penyakit hepatitis B dari Ibu ke anak saat proses kelahiran.

    Selain Hepatitis B, vaksin Polio juga diberikan kepada si Kecil saat lahir. Vaksin ini berfungsi untuk mencegah lumpuh layu. Vaksin Polio juga diberikan sebanyak 4 kali sebelum si Kecil berusia 6 bulan.

  • Imunisasi bayi 2 bulan

    Berikutnya imunisasi bayi 1 bulan lebih adalah DPT/HB/Hib-1, dan Polio-1. Vaksin DPT diberikan untuk mencegah penyakit difteri, pertussis, dan tetanus. Vaksin DPT awal diberikan paling cepat ketika si Kecil berusia 6 minggu.

  • Imunisasi bayi 3 bulan

    Vaksin yang diberikan ketika anak Anda menginjak usia 3 bulan adalah DPT/HB/Hib-2, dan Polio-2.
  • Imunisasi bayi 4 bulan

    Adapun vaksin yang diberikan ketika si Kecil menginjak usia 4 bulan adalah DPT/HB/Hib-3, dan Polio-3.

  • Imunisasi bayi 6 bulan

    Imunisasi bayi 5 bulan keatas atau ketika si Kecil menginjak usia 6 bulan adalah imunisasi hepatitis B dan vaksin polio.

  • Imunisasi bayi 9 bulan

    Vaksin vaksin campak ini diberikan untuk mencegah penyakit campak berat yang bisa menyebabkan pneumonia (radang paru), diare, dan bahkan dapat menyerang otak.

Daftar Imunisasi Tambahan Untuk Bayi

Selain vaksin wajib yang disebutkan di atas, ada pula vaksin tambahan yang dianjurkan diberikan kepada si Kecil, antara lain yaitu rotavirus.

Vaksin ini berfungsi untuk melindungi si Kecil dari penyakit radang lambung dan usus, adapun macam-macam vaksin rotavirus antara lain:

  • Vaksin rotavirus monovalen

    Vaksin ini diberikan 2 kali, dosis pertama diberikan ketika si Kecil berusia 6-14 minggu (dosis pertama tidak dianjurkan diberikan pada anak usia > 15 minggu), dan dosis kedua diberikan dengan interval minimal 4 minggu. Dan batas akhir pemberian vaksin pada usia 24 minggu.

  • Vaksin rotavirus pentavalent

    Vaksin ini diberikan 3 kali, dosis pertama diberikan ketika si Kecil berusia 6-14 minggu (dosis pertama tidak dianjurkan diberikan pada usia > 15 minggu), dosis kedua dan ketiga diberikan dengan interval 4-10 minggu. Dan batas akhir pemberian vaksin pada usia 32 minggu.

Semoga bermanfaat ya bun!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini