Ilustrasi insomnia (doc: hellosehat.com)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ketindihan atau yang biasa masyarakat sebut dengan rep-repan seringkali dikaitkan dengan hal mistis yang masyarakat percayai. Kondisi tersebut ialah ketika kita tertidur lalu tidak bisa bergerak.

Masyarakat menyebutnya Kamu sedang ditindih oleh mahluk ghaib. Namun, pernyataan tersebut adalah mitos. Fakta sebenarnya tentang kondisi tubuh tidak dapat bergerak saat tidur menurut medis merupakan sleep paralysis dimana kondisi ketika kamu tidur itu mengalami pelumpuhan.

Bagaimana sleep paralysis dapat terjadi? Berikut penjelasan dari dr.Sung dalam chanel youtubenya SB30 Health.

Sleep paralysis ini dapat terjadi disebabkan karena tidak selarasnya antara mekanisme otak dan tubuh pada saat kamu tidur. Jadi pada saat tidur, ketika tubuh sudah rileks, pikiran masih tetap sadar. Hal tersebut dapat memicu kamu mengalami sulit bernafas, tidak bisa bergerak dan tidak bisa berbicara, dan biasanya pada beberapa orang muncul rasa takut ketika mengalaminya.

Sleep paralysis, dalam medis dibagi menjadi dua bagian yang pertama adalah Hypnagogic Sleep Paralysis atau kelempuhan jenis ini biasanya terjadi pada mereka yang belum masuk fase tidur seutuhnya. Jadi mereka yang mengalami Hypnagogic sleep paralysis ini, kesadaran mereka belum hilang sepenuhnya. Akhirnya mereka tidak dapat berbicara, tidak dapat menggerakan anggota tubuh, bahkan beberapa dari mereka mengalami ketakutan.

Kedua adalah Hypnopomic Sleep Paralysis. Kondisi ini atau kelumpuhan ini terjadi ketika seseorang tersadar pada akhir masa tidur. Masa tidur sendiri terbagi menjadi dua, jadi ada masa tidur NREM atau Non Rapid Eye Movementdan REM, atau Rapid Eye Movement, ketika seseorang tersadar sebelum masa REM ini berakhir, maka disituah terjadi Hynopomic Sleep Paralysis.

Sleep paralysis sering dialami oleh mereka yang masih remaja. Lalu, hal lain yang dapat memicu sleep paralysis ini adalah posisi tidur terlentang, stres berlebih, mereka yang mengalami gangguan bipolar, dan mereka yang menggunakan narkoba. Untuk menghindari sleep paralysis anda perlu mengubah pola hidup, kurangi stress, untuk kamu yang mengalami bipolar konsultasikan diri ke dokter.

Dalam agama islam sendiri ketindihan setan ketika tertidur itu tidak ada, melainkan hanya sebuah mimpi buruk yang terjadi. Maka disarankan untuk berdoa terlebih dahulu sebelum tidur.

Reporter: Nining Melani

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here