Intip Pesona Curug Parigi, Air Terjun Niagara Mini di Bekasi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Biasanya masyarakat sekitar Jabodetabek lebih mengetahui keberadaan curug di daerah Bogor. Namun, siapa yang mengira ternyata di daerah Bekasi, ada satu curug yang tak kalah indah dengan curug-curug di daerah Bogor.

Nama curug tersebut adalah Curug Parigi. Tempat wisata tersebut terletak di Cikiwul, Kec. Bantargebang, Kota Bekasi. Penampakan curug ini laksana air Terjun Niagara namun dalam versi mini.

Kehadiran curug ini pun muncul berkat campur tangan manusia. Dahulunya lokasi ini dikenal sebagai area bekas tambang pasir untuk bahan pembagunan untuk Jalan Raya Narahong. Kala itu, terdapat sebuah bukit batu yang tidak bisa dipecahkan meski telah menggunakan berbagai cara.

Intip Pesona Curug Parigi, Air Terjun Niagara Mini di Bekasi

Ketika jalan tersebut telah selesai dibangun, warga pun menambang pasir dari bekas bukit batu tersebut. Semakin banyak pasir yang digali, area penambangan terlihat semakin cekung dan menjadi Curug seperti yang saat ini dikenal. Ketinggian curug ini mencapai 2 meter, dengan lebarnya yang mencapai 20 meter.

Meski begitu, bagi yang tertarik ke tempat ini, jangan berharap untuk bisa mandi dan bermain air di sana. Sebab airnya mengeluarkan bau busuk karena tercemar limbah pabrik. Bahkan air yang terjun terlihat berbuih dan mengeluarkan bau yang cukup menyengat di hidung.

Memang pihak pemerintah setempat sudah membenahi tempat ini, agar menjadi lokasi wisata yang nyaman untuk dikunjungi. Bahkan dalam perencanaanya, Curug buatan ini akan disulap menjadi taman wisata yang dilengkapi dengan akses jalan yang mudah dilalui kendaraan. Diharapkan dengan perbaikan tersebut, potensi keindahannya tak hilang begitu saja dan bisa menjadi destinasi favorit keluarga. Namun hingga kini impian itu masih belum terwujud.

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh ketika ingin sampai ke lokasi wisata ini. Mengingat letaknya yang tak jauh dari kota Jakarta, pengunjung bisa memanfaatkan jalur dari kota tersebut. Bahkan beberapa diantara pengunjung, merupakan warga Jakarta yang biasa mengunjungi lokasi ini di akhir pekan. Silahkan melakukan perjalanan menuju Mall Mega Bekasi, untuk mengarah ke Jalan Naroogong.

Intip Pesona Curug Parigi, Air Terjun Niagara Mini di Bekasi

Dari sana anda bisa melanjutkan perjalanan ke Bantargebang untuk mencari Pasar Bantargerbang. Ketika sudah melewati pasar tersebut, carilah pangkalan TNI Batalyon Armed 7 yang memiliki jarak sekitar 300 meter saja. Dari sana anda bisa masuk ke gang di sebelah kanan jalan, yang nantinya membawa anda menuju lokasi wisata Parigi secara langsung.

Sedangkan bagi anda yang berasal dari arah Bogor ataupun Depok, akses yang perlu dilalui dirasa lebih dekat karena letaknya yang berada di perbatasan Bekasi dan Bogor. Nantinya anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke pangkalan TNI Batalyin Armed 7. Jika dari arah Bogor atau Depok, silahkan masuk ke gang yang berada di sebelah kiri jalan yang letaknya sebelum pangkalan TNI. Ikuti saja jalan di gang tersebut untuk bisa sampai di lokasi wisata.

Kira kira seberapa sulit medan yang harus dilewati ? Pengunjung akan dihadapkan dengan jalanan terjal dan bahkan rawan longsor. Oleh karenanya dibutuhkan kefokusan tinggi dan hati hati, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan sebelum sampai di lokasi utama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini