Ini Tips Aman Buat yang Mau Liburan ke Curug

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Destinasi wisata curug atau air terjun sedang menjadi tren dan digandrungi masyarakat. Pemandangannya yang indah dan sejuk serta tiket masuk yang murah meriah menjadi faktor curug disukai para wisatawan.

Apalagi banyak curug yang berlokasi tak jauh dari Jakarta. Bahkan, bisa ditempuh hanya dengan menggunakan sepeda motor loh.

Selain indah, wisata di curug juga menyenangkan, karena turis bisa sekaligus berenang dan berfoto di sana.

Meski begitu, curug merupakan alam liar yang tetap perlu kamu waspadai. Untuk itu, buat kamu yang udah gak sabar pergi ke curug weekend ini, yuk simak tips aman saat berwisata ke curug.

1. Pahami Medan

Sebelum berkunjung, ada baiknya kamu ketahui medan menuju curug yang akan kamu sambangi. Perhatikan, apakah jalanannya cukup aman untuk kamu lewati bersama keluarga atau teman.

Jika terlalu ekstrem, sebaiknya tidak membawa anak kecil, ibu hamil, lansia, atau orang yang memerlukan bantuan untuk berjalan. Intensitas air curug yang terlalu deras juga mungkin berbahaya bagi pemula.

Kalau medannya memang ekstrem, siapkan dana lebih untuk menyewa warga lokal sebagai pemandu ya.

2. Berangkat Pagi

Curug biasanya ada di dataran tinggi. Nah, umumnya akses menuju kesana sering macet dan dipadati pengunjung. Maka, datanglah pagi-pagi setelah matahari terbit agar jalur menuju curug tidak terlalu licin akibat embun.

Selain itu, datang lebih pagi juga bisa menghindarimu dari kerumunan, apalagi selama masa pandemi virus Covid-19 seperti saat ini.

3. Jangan Pergi saat Musim Hujan

Curug juga biasanya sering terjadi hujan. Apalagi jika cuaca sedang mendung dan berpotensi hujan deras. Medan curug yang terjal bisa jadi licin jika curah hujan terlalu tinggi.

Tentunya, ini akan membahayakan kamu dan kerabat. Jadi, pastikan berkunjung ke curug saat tidak musim penghujan ya.

4. Simpan Barang Elektronik

Mengingat kamu akan berwisata ke tempat air, usahakan untuk menyimpan barang-barang elektronikmu di tempat yang aman ya. Simpan barang elektronik dalam wadah anti-air, sehingga aman dari kerusakan akibat cipratan air atau lumpur di sekitar curug.

Jangan bingung. Kalau kamu tetap ingin ber swafoto saat di curug, banyak kok kantong-kantong ponsel yang terbuat dari plastik yang bisa melindungi ponselmu. Pastikan membelinya terlebih dahulu sebelum berangkat ke curug ya.

5. Pulang Sebelum Hujan

Meski sedang tak musim hujan, terkadang daerah di sekitaran curug sering hujan secara tiba-tiba. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jalur curug bisa jadi licin dan membahayakan.

Jadi, segera tinggalkan curug sebelum hujan turun deras ya. Sebab, bisa saja aliran sungai di hulu semakin tinggi yang bisa menyebabkan debit air di curug terlalu deras.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini