Ini Tempat Wisata Terbaik Timor Leste yang Wajib Kamu Kunjungi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Meski masih bergelut dengan kemiskinan, namun Timor Leste yang pernah bernama Timor Timur saat bergabung dengan Indonesia, memiliki destinasi wisata yang lumayan menarik. Apalagi ada campur tangan orang Indonesia.

Berikut rekomendasi tempat wisata terbaik Timor Leste yang wajib kamu ketahui sebelum berkunjung langsung;

1. Cristo Rei
Ingin melihat ikon Rio De Janeiro namun budget pas-pasan? Tenang, di negara tetangga kita yaitu Timor Leste juga memiliki patung Kristus raksasa mirip kota di Brasil tersebut.

Cristo Rei atau dikenal sebagai patung Kristus Raja memiliki tinggi sekitar 27 meter. Patung itu sekilas agak mirip Christ the Redeemer yang menjadi landmark Rio de Janeiro.

Kita bisa menjumpainya di Dili Ibu Kota Timor Leste. Namun, patung itu bukan buatan orang Brasil melainkan dirancang Mochamad Syaililar di Bandung dan merupakan hadiah dari Indonesia.

Cristo Rei sekarang menjadi destinasi wisata rohani, namun masyarakat umum non-kristiani tetap boleh mengunjunginya.

Di tempat itu, Kamu juga disuguhkan pemandangan indah yang bisa dinikmati ketika berada di atas bukit.

2. Pulau Jaco
Merupakan salah satu tempat wisata terbaik yang di miliki timor leste dan dijuluki surga tropis Timor Leste. Awalnya pulau ini dianggap sakral dan tidak boleh dikunjungi.

Kini pulau itu dibuka untuk umum dan masih menjadi bagian dari Taman Nasional Nino Konis Santana.

Untuk dapat mencapai pulau tersebut Kamu harus ke pantai Tutalu kemudian menaiki kapal yang tarifnya Rp 130.000  per 15 menit.

Pulau seluas 11 kilometer itu tidak boleh dihuni manusia sehingga masih sangat asri dan sangat terjaga kebersihannya saat ini. Bahkan pantai Tutala yang berada di dekat pulau itu masih memiliki air  sangat jernih.

3. Old Ai Prison
Wisata yang satu ini sangat cocok bagi Kamu yang menyukai tempat-tempat bersejarah. Old Ai Prison atau Ai Pelo di Liquica merupakan salah satu peninggalan bangsa Portugis yang hingga saat ini masih kokoh berdiri.

Setelah tidak digunakan lagi, penjara tersebut dijadikan museum dan hendak dilengkapi kafe atau restauran sebagai daya tarik.

Kamu tidak akan bosan ketika berkunjung ke tempat ini, karena bisa merasakan berada di bangunan penuh sejarah ambil menikmati pemandangan laut lepas di belakangnya .

4. One Dollar Beach
Tempat wisata selanjutnya memiliki nama yang sedikit unik. One Dollar Beach atau pantai satu dolar.

Nama itu disematkan setelah Timor Leste berpisah dari Indonesia. Jika kita mengunjunginya banyak tukang pakir yang meminta biaya parkir 1 dolar AS kepada setiap mobil yang diparkir.

Pantai itu terletak di Suco Uma Caduac, di kotamadya Manatuto yang berbatasan dengan Kotamadya Dili. Pantai ini masih terbilang cukup sepi pengunjung, sangat cocok bagi Anda yang kurang begitu suka dengan keramaian.

Di pantai itu Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti snorkeling dan melihat keindahan terumbu karang.

5. Kota Lama Baucau
Kota Baucau merupakan kota terbesar kedua di Timor Leste setelah Dili. Jarak kedua kota itu hanya 122 kilometer.

Kota ini masuk kedalam daftar kota yang sangat penting bagi Timor Leste, karena kota Baucau merupakan salah satu keuskupan (daerah yang menjadi wewenang uskup/pengganti rasul yesus).

Selain hotel, Kamu bisa beberapa menemukan bangunan kolonial lainnya dan juga sisa-sisa gaya arsitektur Eropa yang cantik dan unik.

Di kota Baucau juga terdapat pemandian air panas yang bernama Piscina de Baucau yang sampai sekarang masih digunakan.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata terbaik yang dimiliki oleh Timor Leste. Tertarik mengunjunginya? (reporter: Dhelana Unggul Parastri)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini