(Foto: World Animal Protection)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kecil, imut, dan unik adalah kata yang pas untuk menggambarkan hewan marsupial satu ini. Yup sugar glider, hewan ini mudah dijadikan peliharaan lho karena perawatannya yang tidak sulit. Jika dirawat dengan baik dan benar sugar glider mampu bertahan hidup dalam jangka waktu 12 hingga 15 tahun lamanya.

Sejatinya memelihara hewan sangatlah baik untuk kesehatan manusia karena dapat mengurangi stres, sama halnya dengan memelihara sugar glider. Pemeliharaan sugar glider ini dapat dikatakan lebih mudah, karena tidak memerlukan vaksin ataupun perawatan khusus di salon, seperti kucing dan anjing.

Bagi Anda yang baru saja memelihara sugar glider, Anda harus mengenal dan memahami betul karakteristik sugar glider yang Anda pelihara. Selain itu, sebagai pemula Anda juga perlu menyiapkan perlengkapan dan aksesori yang diperlukan agar sugar glider merasa nyaman.

Ingin tahu apa saja ragam perlengkapan sugar glider yang diperlukan? Yuk simak benda-benda di bawah ini.

  1. Kandang Sugar Glider

Sebagai salah satu hewan yang aktif dan suka meloncat, pemilihan kandang yang tepat untuk sugar glider sangat penting. Idealnya sugar glider ditempatkan dikandang yang berukuran 60x40x40 cm atau minimal berukuran 50x30x30 cm, dengan jarak antar jeruji tidak lebih dari 1.25 cm.

Perlu dicatat, dalam pemilihan kandang Anda harus menghindari kandang yang terbuat dari baja galvanis. Hal ini dikarenakan baja galvanis bisa berkarat dan dapat menyebabkan sugar glider terinfeksi kandung kemih.

  1. Alas Kandang

Selain kandang yang berguna untuk tempat tinggal, alas kandang pun juga perlu Anda perhatikan jika memelihara sugar glider. Untuk alas kandang Anda bisa meletakkan serbuk kayu atau pasir zeolit, yang berguna menyerap bau yang ditimbulkan dari kotoran sugar glider.

  1. Tempat Makan dan Tempat Minum

Untuk tempat makan, Anda bisa menggunakan piring atau mangkuk kecil yang berbahan plastik. Sedangkan untuk tempat minumnya, Anda bisa menggunakan botol minum hamster yang disangkutkan ke kandang.

Pastikan untuk tidak menaruh tempat makan dan minum terlalu tinggi, agar sugar glider tidak merasa kesulitan. Pemberian makan bisa diberikan dua kali sehari saat pagi dan malam hari, berikan takaran yang lebih untuk malam hari karena sugar glider banyak melakukan aktivitasnya saat malam.

  1. Sleeping Pouch

Sebagai hewan nokturnal yang tidak terlalu menyukai cahaya, Anda wajib meletakkan sleeping pouch dalam kandang sugar glider. Sleeping pouch berfungsi sebagai tempat beristirahat dan bersembunyi sugar glider saat di siang hari.

Jika tidak ingin membeli sleeping puch di marketplace atau petshop, Anda dapat membuat slepping pouch sendiri dari kain yang sudah tidak terpakai dan menyangkutkannya disisi kandang menggunakan pengait.

  1. Mainan Sugar Glider

Sebagai hewan yang cerdik dan pintar sugar glider perlu diberi stimulasi agar tidak stres dan cepat mati, salah satunya dengan di beri mainan. Yup tidak hanya manusia saja lho yang bisa diberi mainan, tapi hewan yang gemar meluncur ini juga bisa diberi mainan supaya tidak bosan.

Anda dapat meletakkan mainan seperti climbing ropes dan running wheel di dalam kandang, agar sugar glider Anda aktif bergerak.

  1. Travel Pouch

Travel pouch menjadi barang penting ketika Anda akan berpergian atau melakukan gathering dengan komunitas sugar glider. Memilih travel pouch untuk sugar glider tentunya tidak bisa sembarangan, pastikan travel pouch berbahan kain kanvas dan dilengkapi jaring ventilasi udara yang cukup supaya sugar glider kesayangan Anda merasa aman dan nyaman didalamnya.

Saat ini sudah banyak desain travel pouch yang unik dan menarik yang bisa Anda kenakan untuk membawa sugar glider berpergian.

Itulah perlengkapan yang harus Anda miliki, ketika Anda baru memelihara sugar glider. Saat Anda memutuskan untuk memelihara sugar glider berarti Anda sudah berkomitmen untuk merawat dan menjaganya, pastikan Anda juga bisa memenuhi kebutuhannya.

Reporter: Miskatul Nisa Kamilah

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here