Ini Jenis-jenis Tangisan yang Perlu Kamu Tahu, Salah Satunya Bisa Bikin Kurus Loh!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat hati sedang gundah, sedih dan gelisah, menangis merupakan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Sebab, usai menangis, hati bisa terasa lebih tenang dan beban yang kamu rasakan jadi lebih berkurang.

Namun, tak cuma bermanfaat untuk mental, menangis juga memiliki manfaat untuk fisik kamu loh, seperti menurunkan berat badan. Tapi sebelumnya kamu perlu tahu dulu jenis-jenis tangisan yang mungkin sering kita alami.

Dikutip dari sumber, Dr. Aaron Neufeld dari Los Altos Optometric Group, menjelaskan ada tiga jenis tangisan yakni Basal, Refleks, dan Fisik. Jenis tangisan Basal bertujuan untuk membuat mata tetap lembap. Lalu, tangisan Refleks merupakan hasil dari iritasi sebagai bentuk tubuh memperbaiki diri. Sedangkan air mata dari tangisan fisik adalah yang biasa dikeluarkan karena terpengaruh perasaan dan emosi.

Nah, jenis tangisan fisik itulah yang dikatakan bisa menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan tangisan fisik berdasarkan emosi dan stress yang ada di dalam tubuh. Berikut merupakan alasan medis mengapa menangis dan jenis tangisan fisik bisa menurunkan berat badan.

  1. Meningkatkan Kadar Kortisol

Air mata fisik dapat mengurangi bobot tubuh karena mengurangi tingkat kortisol, sebuah hormon stres yang terkait dengan lemak perut. Ketika tingkat kortisol tinggi, maka berat badan tubuh bisa menurun dan jadi lebih baik serta bisa memberikan energi pada tubuh.

2. Menghilangkan Zat Racun

Tahukah kamu kalau air mata mirip seperti dengan keringat dan urin? Sebab, air mata bisa mengeluarkan zat racun pada tubuh saat menangis. Oleh karena itu, berat badanmu jadi bisa berkurang saat kamu sedang menangis.

3. Membakar Kalori

Menangis ternyata bisa membakar kalori sebesar 1,3 kalori per menit. Nah, kalau menangis selama 20 menit, maka kalori yang terbakar di dalam tubuhmu bisa sampai 26 kalori.

Menurut sebuah studi, menangis untuk menurunkan berat badan juga ada waktu-waktu tertentu. Studi mengungkapkan menangis untuk menurunkan berat badan perlu dilakukan antara pukul 19.00 sampai 22.00. Hal tersebut dikarenakan periode puncak untuk mengoptimalkan efek pengeluaran kortison. Jadi, kamu bisa menjadwalkan menonton series atau drama korea yang sedih di jam segitu ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini