Ini Alasan Kamu Gak Boleh Tidur dengan Rambut Basah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pernahkah kamu tertidur setelah keramas dan kondisi rambutmu masih basah? Tahukah kamu jika tidur dengan rambut basah bisa menyebabkan masalah kesehatan?

Setelah beraktivitas seharian di luar, tentu hal yang pertama kamu lakukan saat sampai di rumah ialah mandi,t erlebih di masa pandemi seperti ini. Gak cuma disarankan mandi selepas dari luar, kamu juga dianjurkan untuk keramas biar rambutmu bersih dan steril.

Namun, seringkali kita mengalami kondisi yang lelah dan ngantuk tapi rambut masih basah karena keramas tadi. Hal ini sering membuat kita tertidur dengan rambut yang masih basah.

Lantas, amankah jika hal tersebut sering dilakukan?

Jawabannya tidak gaes. Sebab, saat kamu tidur dengan kondisi rambut yang basah bisa menyebabkan masalah seperti timbulnya jamur.

Dilansir dari Healthline, rambut basah berisiko terkena infeksi jamur pada kulit kepala. Jamur dengan jenis Malassezia dapat menyebabkan ketombe atau dermatitis.

Tak hanya pada rambut, jamur juga dapat bersarang dan tumbuh di area yang lembab dan hangat, seperti bantal. Bantal menjadi lingkungan yang ideal untuk jamur berkembang biak jika kamu sering tidur dengan rambut yang basah. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan ada 4-16 spesies jamur yang ditemukan pada bantal.

Termasuk jamur dengan jenis Aspergillus fumigates, spesies jamur umum yang menyebabkan infeksi parah pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang melemah. Jamur jenis ini juga dapat memicu gejala asma loh.

Gak cuma masalah kesehatan tubuh, tidur dengan rambut basah juga gak baik untuk kondisi rambutmu. Ini karena rambut basah merupakan kondisi terlemah bagi rambut. Rambut yang basah dapat menyerap 45% air sehingga rentan rusak.

Rambut yang basah akan mudah kusut. Selain itu, gerakan kepala yang tidak disengaja saat tidur juga menyebabkan rambut tertarik ke berbagai arah dengan cara berbeda dan berisiko membuat rambut rusak.

Jadi, gimana nih solusinya?

Untuk menghindari hal-hal di atas, ada baiknya kamu mengeringkan rambutmu dengan benar menggunakan hair dryer atau kipas angin. So, pastikan rambutmu sudah benar-benar kering sebelum kamu tidur ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini