Begini Cara Menyisir Rambut yang Benar Biar Gak Kusut

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Rambut merupakan aset penampilan baik untuk pria dan wanita. Biasanya, kita menggunakan sisir untuk merapikan dan menata rambut sesuai yang kita mau.

Gak cuma biar rapi, menyisir rambut juga bermanfaat agar helaian rambut kita gak tersangkut dengan rambut lain hingga menyebabkan kusut. Sebab, rambut yang kusut bisa menyebabkan rambut rontok dan patah.

Untuk itu, kamu perlu loh memperhatikan cara menyisir rambut. Jadi gak sembarangan, biar rambutmu gak mudah rusak dan kusut saat disisir. Yuk simak caranya!

1. Pilih Sisir yang Tepat

Pemilihan sisir biar rambut gak gampang kusut juga penting loh. Untuk mengatasi rambut yang mudah kusut, kamu bisa mencoba jenis sisir yang dibuat pas di telapak tangan, hingga memudahkan untuk mengontrol rambut.

Lalu, kamu cukup memegangnya secara vertikal agar bulu-bulunya sejajar dan helai rambut mudah dilewati.

Kemudian, saat posisi horizontal, sikat rambut akan mengambil pola tersebar yang membuat rambut jadi terarah dan lebih halus.

2. Balikan Kepala saat Menyisir

Sebagian orang mungkin terbiasa menyisir rambut dengan posisi kepala tegak dan mulai menyikat rambutnya dari akar hingga ujung rambut. Namun, sangat disarankan untuk membalikan kepalamu ke bawah sebelum menyisir rambut ya.

Mulai menyisir dari ujung rambut hingga sampai ke bawah. Ini juga bisa menjadi trik agar rambut kamu terkesan lebih ber-volume setelah membalikkan rambut.

3. Jangan Sisir Rambut saat Basah

Hayo, siapa yang masih sering menyisir rambut setelah keramas saat rambut lagi basah-basahnya? Lebih baik kebiasaan tersebut dikurangi ya. Sebab, rambut lebih rentan patah dalam keadaan basah.

Penting untuk kamu mengeluarkan air sebanyak mungkin sebelum mulai menyisir rambut. Kalau enggak, rambut bisa merenggang dan lebih mudah patah.

Ada baiknya kamu keringkan menggunakan handuk mikrofiber yang khusus untuk rambut, sehingga dapat mengurangi gesekan yang menyebabkan kusut. Jika kamu enggak punya banyak waktu, sempatkanlah untuk mengeringkan rambut terdahulu tanpa menggosoknya namun cukup menepuk-nepuk lembut saja.

4. Gunakan Conditioner Tanpa Bilas

Terakhir, untuk membuat rambut gak kusut ialah menggunakan conditioner tanpa bilas saat menyisir rambutmu. Biasanya, kondisi rambut kusut akan diperparah jika jenis rambutmu ikal dan keriting.

Karenanya, sangat disarankan kamu menggunakan conditioner tanpa bilas saat hendak menyisir rambut. Hal ini guna memberi kelembutan pada rambut sehingga rambutmu lebih licin dan mudah saat disisir.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini