Ini 5 Minuman yang Bisa Turunkan Tekanan Darah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tekanan darah merupakan salah satu ukuran untuk mengetahui seberapa kuat organ jantung dalam memompa darah dan menyalurkannya ke seluruh tubuh. Agar organ tubuh kamu bisa bekerja secara maksimal, maka seseorang harus memiliki kondisi tekanan darah normal.

Pada umumnya orang dewasa yang memiliki tubuh sehat dan memiliki tekanan darah normal yaitu 90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg. Pada angka 80 dan 60 mmHg menunjukkan tekanan jantung istirahat, sementara angka 120 dan 90 menunjukkan tekanan jantung ketika memompa darah dan menyalurkannya ke seluruh tubuh. 

Tekanan darah normal seseorang bisa naik dan turun bergantung pada segala aktivitas fisik yang sedang dilakukan. Selain itu, kondisi emosional seseorang juga bisa memengaruhi kondisi tekanan darah.

Namun, tekanan darah yang tidak terkendali dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung dan stroke. Dikutip dari Healthline, ada beberapa cara untuk mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi), salah satunya menjaga asupan.

Gak cuma makanan, ada pula beberapa minuman yang bisa mengontrol tekanan darahmu. Apa saja sih minumannya? Yuk simak!

1. Jus Tomat

Seuah studi membuktikan, minum satu gelas jus tomat setiap hari dapat meningkatkan kesehatan jantung loh. Menurut studi tahun 2019, menyimpulkan bahwa jus tomat meningkatkan tekanan darah sistolik dan diastolik, serta kolesterol LDL.

Studi terbaru pun melaporkan bahwa minuman ini juga terbukti khasiatnya pada wanita hamil dan orang yang mengalami hipertensi stadium satu. Nah, untuk menghindari natrium yang tidak perlu, kamu bisa membuat jus tomat tawar tanpa gula ya.

2. Jus Prune

Jus prune telah lama dikenal dapat membantu meringankan sembelit. Tetapi, salah satu manfaat kesehatan jus prune yang kurang dikenal adalah bisa menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi pada tahun 2010 menyatakan, buah prune bisa menurunkan kolestrol LDL pada tumbuh. Nah, untuk bisa merasakan efek dari buah ini, belilah segelas jus prune murni atau buat sendiri dengan mencampurkan buah plum basah dengan air.

3. Jus Buah Bit

Gak cuma kaya vitamin dan mineral, jus buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah loh. Sebuah studi pada tahun 2016 mengatakan bahwa jus bit mentah dan matang meningkatkan tekanan darah. Namun, jus bit mentah berdampak lebih besar pada tekanan darah.

Bit kaya akan nitrat makanan, senyawa yang diketahui memiliki efek penurun tekanan darah. Dengan kata lain, senyawa tersebut sangat ramah untuk jantungmu. Cobalah resep jus bit sederhana ini untuk menurunkan tekanan darahmu ya.

4. Susu Skim

Produk susu rendah lemak seperti susu skim dan yogurt adalah kunci dari diet untuk menghentikan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Dalam penelitian tahun 2011, para ahli menyimpulkan bahwa konsumsi susu rendah lemak dikaitkan dengan penurunan risiko tekanan darah tinggi. Maka, usahakan untuk mengonsumsi dua hingga tiga gelas susu rendah lemak setiap harinya ya.

Atau kamu bisa mencampurkan susu skim tersebut ke dalam jus atau smoothie yang hendak kamu konsumsi.

5. Teh

Satu lagi minuman yang bisa menurunkan tekanan darah ialah teh. Khususnya teh hijau dan teh hitam.

Pada tahun 2014, para peneliti melaporkan bahwa asupan jangka panjang kedua jenis teh tersebut menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Namun, penurunan tekanan darah lebih signifikan untuk teh hijau.

Jadi, jangan lupa untuk minum teh hijau atau teh hitam untuk menurunkan tekanan darahmu ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini