Ini 5 Kue yang Wajib Ada Saat Natal di Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Perayaan natal sudah tiba. Di negara-negara Eropa, kudapan saat natal identik dengan gingerbread atau kue jahe.

Ternyata, Indonesia punya kue khas yang selalu keluar perayaan natal. Kira-kira makanan apa saja yang disajikan di hari istimewa umat Kristiani tersebut?

1. Kue Bagea

Kue Bagea.

Kue yang terbuat dari berbagai macam rempah seperti kayu manis dan bubuk cengkeh ini menjadi makanan wajib perayaan natal khususnya di Ternate. Kue ini cocok dimakan bersama teh hangat, lho.

2. Klapertart

klapertart
Klapertart.

Makanan natal khas Manado ternyata sudah ada sejak zaman Belanda. Kue ini mempunyai rasa yang manis karena terbuat dari kelapa, susu, mentega, tepung terigu serta telur. Biasanya disantap sebagai makanan penutup.

3. Lapet

Kue Lapet

Kue ini disebut sebagai lambang natal, karena bentuknya seperti kerucut yang menyerupai pohon natal. Lapet menjadi makanan yang wajib di Tapanuli, Sumatera Selatan.

4. Poporcis

Kue Poporcis

Kue poporcis diadaptasi dari Poffertjes makanan Belanda. Bentuknya seperti pancake, dan terbuat dari tepung serta labu kuning. Makanan ini merupakan khas daerah Ambon dan wajib ada saat perayaan natal.

5. Lampu-lampu

Kue Lampu-Lampu

Kue lampu-lampu asal Manado ini juga menjadi hal wajib disajikan saat perayaan natal. Berbahan dasar tepung beras kue lampu ini dibungkus dengan daun pisang, dan biasanya menjadi makanan penutup setelah makanan berat. (Yuri Giantini)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini