Hati-hati Ladies! 5 Skincare Hits Ini Ternyata Abal-Abal

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Zaman sekarang banyak produk kecantikan maupun skincare yang dijual di pasaran dengan harga yang relatif murah dan terjangkau. Dimulai dari yang bermerk hingga yang tidak bermerk, lengkap ditawarkan.

Produk-produk tersebut menjanjikan dapat mengatasi permasalahan kulit dalam waktu yang singkat. Ada yang dapat memutihkan, menghilangkan jerawat dengan cepat serta membuat kulit menjadi mulus dan bersih seketika.

Kebanyakan wanita di Indonesia masih berspektif bahwa kecantikan visual seorang wanita dilihat dari kulitnya yang putih, paras yang cantik, rambut panjang, tinggi dan stigma lainnya. Hal tersebut menjadikan para wanita memilih produk yang instan dan biasanya dibanderol dengan harga yang murah.

Untuk mengantisipasi Kamu dari produk skincare abal-abal, dr. Richard Lee, MARS mengungkap 5 skincare abal yang laris dipasaran dalam akun YouTubenya (dr. Richard Lee, MARS). Berikut kelima skincare yang harus Kamu hindari :

1. Klinskin

Banyak orang yang sudah tak asing lagi mendengar produk Klinskin karena memang ini merupakan produk yang sudah terkenal. Satu paket produk Klinskin seharga Rp 60.000, cukup murah bukan?

Satu paket produk Klinskin terdapat facial soap, krim pagi dan krim malam. Dari luar produk ini tidak terlihat berbahaya, bahkan kemasannya pun bagus seperti produk aman lainnya. “Dari kotaknya itu ada hologramnya loh, kotaknya ini bagus dan lengkap dengan kode BPOMnya, semua lengkap”, ujar dr. Richard dalam videonya.

Berbeda dengan produk abal lainnya, Klinskin memiliki kemasan yang lengkap dan spesial. Menurut dr. Richard biasanya produk yang abal kerap kali tidak lengkap sampai ke nomor BPOM dan kemasan hanya terdapat merknya saja.

Berdasarkan uji lab yang dilakukan dr. Richard, krim malam produk Klinskin mengandung Hydroquinone dan Mercury bersamaan. Setelah dilakukan cek produk BPOM, ternyata Klinskin hanya memiliki 3 produk yang sudah BPOM yaitu sabun acne, handbody dan beauty soap.

2. WDC

Produk yang satu ini sangat laris di e-commers atau online shop di Indonesia seperti Shopee dan Tokopedia. Untuk krim malam WDC hanya dibanderol seharga Rp 40.000.

Dalam produk WDC terdapat kandungan Hydroquinone atau zat pemutih sebanyak 4,3 persen. Produk skincare atau pun kecantikan yang mengandung Mercury dan Hydroquinone memang berbahaya untuk kulit jika digunakan setiap hari. Hindari produk ini jika tidak ingin kulit kamu jadi rusak dan semakin memburuk.

3. Rose

Produk skincare bermerk Rose ini bahkan dijual di e-commerce dengan sangat murah, yakni seharga Rp 6.250. Karena harga yang terjangkau, produk ini laris dan digemari banyak orang khususnya wanita yang ingin kulitnya menjadi putih dan bening.

Pada kemasan produk skincare Rose tidak memiliki nomor BPOM yang artinya memang tidak terdaftar dalam BPOM. Hasil lab yang dilakukan dr. Richard mengungkapkan bahwa produk skincare Rose ini positif mengandung Mercury sejumlah 0,5 persen.

“Walaupun angka yang mucul hanya sedikit, tetap tidak disarankan untuk menggunakan produk yang mengandung Mercury,” pungkas dr. Richard.

4. Collagenplus

Collagenplus juga merupakan produk yang laris dan banyak direquest untuk direview oleh dr. Richard. Harga yang ditawarkan produk skincare Collagenplus ini sangat menggiurkan konsumen, yaitu seharga Rp 8.500.

Sama dengan produk Klinskin, Collagenplus juga memiliki nomor BPOM pada kemasannya namun ketika dicek tidak terdaftar dalam BPOM. Hal unik lainnya yang ditemui pada produk Collagenplus adalah memiliki expired date 3 tahun, di mana biasanya BPOM memperbolehkan expired date hanya 2 tahun saja.

“Kalau saya tidak salah ya expired date yang diperbolehkan ada di BPOM itu adalah 2 tahun. Jadi saya gak tahu ini BPOM mana, mungkin ini BPOM Thailand, atau ini FDA mungkin?..,” ungkap dr. Richard dengan tertawa.

Hasil yang didapat setelah uji lab adalah produk Collagenplus memang terdapat kandungan Mercury sebanyak 2,8 persen. Jumlah yang cukup tinggi dan disarankan untuk Kamu yang sudah pakai atau yang ingin menggunakan produk Collagenplus supaya jangan menggunakannya menurut Pakar Dermatologist tersebut.

5. LC Beauty

Produk LC Beauty tidak kalah hits dan laris dari produk yang lain, padahal produk LC Beauty mengandung Mercury sejumlah 0,5 persen. LC Beauty dijual seharga Rp.60.000 membuat orang tertarik dengan harganya yang relatif terjangkau. Produk skincare LC Beauty banyak diminati dan mengklaim produknya aman untuk ibu hamil dan menyusui, kendati demikian produk tersebut setelah dicek lab positif mengandung bahan berbahaya Mercury.

Produk skincare dengan harga murah dan terjangkau membuat siapa saja tergiur untuk memilikinya. Namun bukan berarti skincare yang mahal juga tidak berbahaya, pesan dari dr. Richard diakhir videonya adalah penting sekali untuk melihat ingredient dan regulasi pada produk skincare yang digunakan sebelum membeli atau menggunakan produk yang kamu inginkan.

Reporter: Ananda Sri Maulida

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini