Ilustrasi insomnia (doc: hellosehat.com)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tidur adalah kebutuhan biologis alami setiap mahluk hidup, terutama manusia. Tidur wajib saat malam bagi manusia, itu di butuhkan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan menormalkan metabolisme tubuh. Kekurangan tidur akan menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Manusia membutuhkan waktu tidur selama 8 jam setiap harinya, Namun terkadang dari kita banyak yang kurang tidur. Sulit tidur pada setiap orang di sebabkan oleh pemicu yang berbeda-beda.

Seperti orang-orang berikut di bawah ini yang telah memecahkan rekor dunia untuk tidak tidur berhari-hari bahkan dalam hitungan tahun. Dilansir pada video YouYube Ranger Merah-Putih, siapa sajakah mereka?

1. Randy Gardner

Randy Gardner adalah orang yang tercatat dalam rekor sebagai manusia terlama tanpa tidur. Pada tahun 1964, Randy Gardner seorang siswa Sekolah Menengah di Sandiego, California. Tidak tidur selama 11 hari 25 menit atau 264,4 jam.

2. Peter Tripp

Peter Tripp adalah seorang pemandu lagu, yang tidak tidur selama 8,4 hari atau selama 201 jam. Tujuannya adalah untuk memecahkan rekor dunia pada saat itu, yaitu pada tahun 1959. Tripp mengabiskan waktu rekornya berada di kotak kaca dan di kamar hotel.

3. Tony Wright

Tony Wright adalah orang yang mampu tidak tidur lebih lama dari Randy Gardner. Tony tidak tidur selama 266 jam, namun Wright tidak tercatat dalam rekor dunia. Dikarenakan usai melakukan aksinya itu, ia mengalami gangguan kesehatan cukup parah.

4. Thai Ngoc

Thai Ngoc adalah seorang warga negara Vietnam yang mengaku tidak pernah tidur selama 46 tahun. Pada tahun 1973, Ngoc menderita demam tinggi. Setelah kejadian itulah Ngoc merasakan tidak bisa tidur bahkan tidak pernah tidur sama sekali.

5. Al Herpin

Al Herpin adalah seorang warga negara Amerika Serikat yang telah mengklaim bahwa dirinya tidak pernah tidur. Setelah bekerja seharian, Herpin akan beristirahat di kursi goyang dan akan membaca koran sampai pagi harinya lagi. Lalu kembali bekerja.

Penyebab susah tidur ini secara medis di sebut dengan Insomnia, banyak faktor yang mempengaruhi dari Insomnia tersebut di antaranya ada faktor lingkungan. Perhatikan lingkungan di sekitar kita seperti tempat tidur kita atau kamar yang berantakan dan juga bermain gedget sebelum tidur.

Lalu yang kedua, konsumsi obat-obatan. Beberapa obat bisa membuat sulit tidur di malam hari. Contohnya seperti obat asma, obat darah tinggi dan obat lainnya.

Cara meminimalisir efek meminum obat tersebut dengan mengubah pola hidup sehat. Seperti berolahraga, makanan bergizi, dengan mengubah itu semuanya akan lebih baik dan mengurangi dosis obat-obatan yang di berikan.

Ketiga, faktor pola hidup. Banyak mereka yang hidup di malam hari seperti tidur di pagi hari sampai sore hari dan malam begadang.

Jika bisa mengubah pola tidurnya, sebaiknya mengurangi kebiasaan terebut. Lalu ada makan terlalu kenyang sebelum tidur dan hindari makanan atau minuman dengan tinggi kafein.

Keempat, faktor stres. Setiap orang di dunia ini pasti mengadapi yang nama nya stress, tetapi bukan seberapa stress yang kita hadapi.

Namun bagaimana kita mengaturnya? Selain mengganggu pola tidur kita, stres juga dapat mengganggu kesehatan kita.

Kelima, faktor kesehatan. Orang-orang yang mempunyai masalah kesehatan cenderung untuk sulit tidur.

Beberapa penyakit yang membuat kita sulit tidur seperti menderita nyeri kronis, misalnya kanker atau orang pasca kecelakaan. Selain itu, gangguan pernapasan seperti asma yang kumat di malam hari atau penyakit paru-paru yang sudah menahun akhirnya membuat seseorang sulit untuk tidur.

Gangguan jantung, biasanya mereka yang menderita gangguan jantung akan terasa sesak di malam hari. Masalah persendian, gangguan hormonal, diabetes dan stroke.

Jangan sekali-kali mencoba tidak tidur selama berhari-hari, akan banyak efek yang akan di alami untuk kesehatan. Dan bahkan bisa berujung stres atau kematian.

Reporter: Novita Sari

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here