Gampang Kok! Ini Cara Ubah Ponsel Jadi Webcam PC

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pertemuan maupun seminar di masa pandemi corona menggunakan skema video conference, yang tentu saja perlu webcam untuk para pengguna PC. Daripada keluarkan duit untuk beli perangkat webcam, ada baiknya manfaatkan ponsel androidmu.

Berikut langkah-langkahnya :

Pertama, kamu perlu unduh aplikasi droidcam dari Google Play Store di ponsel Anda. Tapi yang patut dicatat, aplikasi hanya bisa berfungsi di ponsel Android 5.0 atau lebih tinggi. Untuk memeriksa, buka Pengaturan> Tentang Telepon> versi Android.

Selain itu, aplikasi ini juga tidak berfungsi dengan aplikasi yang diunduh dari Microsoft Store misalnya Skype.

Kedua, kamu juga perlu mengunduh Windows client di PC, lalu ikuti instruksi pemasangannya.

Ketiga, setelah muncul ikon DroidCamApp di desktop, klik dua kali untuk membukanya. Buka aplikasi di ponsel Android juga. Pastikan desktop dan ponsel terhubung ke jaringan WiFi yang sama. Namun, ini juga berfungsi jika desktop terhubung melalui ethernet.

Keempat, pada aplikasi Android, kamu akan melihat beberapa angka setelah WiFi IP dan DroidCam Port. Masukkan angka-angka ke PC yang tertulis ‘Device IP’ dan ‘DroidCam Port’. Pastikan Video dan Audio dicentang. Tekan ‘Start’.

Kelima, buka pengaturan aplikasi video conference dan ubah input kamera dan mikrofon ke DroidCam dan DroidCam Virtual Audio.

Selamat mencoba dan semoga berguna!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini