Dear Cat Lovers, Ini 5 Makanan yang Berbahaya untuk Kucing

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kucing merupakan salah satu hewan yang sedang digandrungi masyarakat. Tak hanya menggemaskan, kucing juga dianggap sebagai hewan yang penuh dengan tingkah laku yang lucu.

Bagi pecinta kucing, kamu pasti tahu apa saja yang mereka sukai termasuk makanan mereka. Nah, sering kali para pemilik kucing memberi asupan peliharaan dengan makanan manusia.

Meski ada beberapa makanan manusia yang baik untuk kucing, ada pula beberapa yang justru harus dihindari. Pasalnya, ada sederet asupan yang justru berbahaya untuk mereka.

Nih, buat cat lovers, biar kamu gak salah memberi makan kucingmu, yuk simak sederet asupan yang berbahaya untuk si meong.

1. Tomat

Makanan pertama ialah tomat. Dilansir dari Catological, tomat kaya akan vitamin C yang bisa mempengaruhi sistem pencernaan. Untuk manusia, tomat bisa ditoleransi, namun tidak untuk kucing.

Kuicng yang mengonsumsi tomat dapat menyebabkan gejala hebat pada gastrointestinal bawah. Nah, hal ini bisa berpengaruh buruk pada sistem pencernaan kucing kamu.

2. Alpukat

Selanjutnya ialah alpukat. Buah yang jadi favorit banyak orang ini justru beracun untuk kucing lho!

Alpukat mengandung persin yang dapat menyebabkan muntah dan diare pada kucing. Jadi, berhati-hatilah, jangan sampai kucing kamu mengonsumi makanan dengan alpukat atau menjilati sendok bekas buah tersebut.

3. Cokelat

Tahukah kamu kalau cokelat bisa berbahaya untuk kucing? Cokelat mengandung zat theobromine yang dapat menyebabkan keracunan pada kucing.

Zat tersebut banyak ditemukan khususnya di cokelat hitam dan tanpa pemanis. Menurut Hill’s Pet, cokelat juga mengandung zat yang disebut methylxanthines. Nah, zat itu dapat menyebabkan muntah, diare, suhu tubuh tinggi, tremor otot, irama jantung yang tidak normal, ketidaknyamanan perut, hingga kejang.

Maka, hindari makanan serba cokelat dari hadapan kucing kamu ya!

4. Bawang Putih dan Bombay

Jangan sekali-kali memberikan bawang untuk kucing. Sebab, bawang bombay mengandung zat (N-propyl disulfide) dan dapat menghancurkan sel darah merah pada kucing. Hal ini menyebabkan anemia yang disebut anemia tubuh Heinz.

Kemudian, bawang putih. Makanan itu mengandung zat serupa dalam jumlah yang lebih sedikit. Namun, ada baiknya kedua makanan tersebut dijauhkan dari kucing kesayangan kamu.

5. Susu

Satu lagi ialah susu. Meski sering kali melihat kartun kucing yang menyukai susu, nyatanya minuman ini tak baik untuk kucing lho!

Organ kucing sulit mencerna laktosa dalam susu, yang bisa menyebabkan kucing sakit perut atau diare. Kebanyakan kucing terpapar laktosa dari susu induknya saat mereka masih kecil.

Anak kucing biasanya hanya minum dari susu induknya selama beberapa minggu. Nah, sistem pencernaannya sering kali tidak dilengkapi untuk menangani laktosa dari susu biasa.

Untuk itu, meskipun beberapa kucing tidak mengalami kesulitan untuk menolerir susu, tetap tidak disarankan untuk memberi kucing susu, kecuali jika diberikan oleh ibu kucing ketika masih kecil.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini