Cinta Beda Agama Apakah Bisa Langgeng?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hubungan yang satu agama saja tidak luput dari perbedaan pendapat. Apalagi dengan hubungan yang dijalani dua mausia yang memiliki keyakinan dan prinsip yang berbeda. Ketika hubungan yang didasari dengan perbedaan keyakinan akan pencipta-Nya, apakah mereka bisa terus bersama?

Menurut Erwin dalam channel YouTube ‘Psikolog Cinta’, menjelaskan bahwa ketika seseorang memutuskan untuk membina rumah tangga, namun memiliki prinsip dan keyakinan yang berbeda, harus dipikirkan dengan matang. Sementara itu, Kamu mempersiapkan diri untuk konflik yang akan terjdi dikemudian hari, karena konflik yang terjadi dapat menimbulkan perdebatan dan perbandingan agama.

Cinta itu luar biasa karena dapat menyatukan dua kepribadian dan dua latar belakang. Dalam cinta, tidak ada syarat bagi mereka yang saling mencintai satu sama lain.

Tetapi, yang perlu diperhatikan ketika ingin mengenal lebih dekat seseorang yang memiliki keyakinan dan latar keluarga yang berbeda ialah harus siap mendapat pertentangan dari keluarga. Hubungan yang beda agama tentu saja akan dua kali lipat lebih berat daripada mereka yang menjalani hubungan dengan keyakinan yang sama.

Memiliki perbedaan budaya saja dapat menimbulkan konflik jika terjadi kesalah pahaman. Begitu pula jika memiliki hubungan yang berbeda keyakinan. Maka, jika kalian memiliki hubungan dengan seseorang yang berbeda agama, kalian harus mengetahui betul konsekuensi yang akan terjadi.

Dalam hubungan beda agama, kalian tidak hanya mengenal bagaimana sifat dan kebiasaan pasanganmu, melainkan juga akan mengetahui kewajiban agama masing-masing. Hanya saja ada batasan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk menghargai dan saling toleransi satu sama lain.

Jika kalian sudah memasuki hubungan yang serius dan akan menikah, maka diskusikan terlebih dahulu. Hal tersebut agar tidak terjadi perdebatan yang tidak kunjung usai.

Saling mengingatkan kepada pasangan bahwa hubungan beda agama itu merupakan sesuatu hal yang berat dan menguji cinta satu sama lain. Selalu ingatkan komitmen yang sudah kalian sepakati bersama di awal jika terjadi konflik dalam pernikahan.

Reporter: Nining Melani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini