Cara Jitu Bikin Kamu Jadi Mudah Berkonsentrasi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pernahkah kamu merasa sulit fokus dan berkonsentrasi terutama saat melakukan pekerjaan? Tentu hal tersebut sangat mengganggu ya.

Susah konsentrasi adalah gangguan berpikir yang membuat seseorang jadi kurang fokus dan susah memperhatikan sesuatu. Walaupun bukan masalah medis yang serius, sulit berkonsentrasi bisa mengganggu aktivitas harianmu loh!

Dampak susah konsentrasi bisa menyebabkan seseorang sulit mengingat sesuatu, sering lupa, gak mampu mengerjakan sesuatu yang rumit, ceroboh, sampai tidak berenergi.

Nah, ada berbagai faktor yang menyebabkan kamu jadi sulit berkonsentrasi, mulai dari kurang tidur, lapar, gelisah, serta banyak pikiran dan stres.

Lantas, cara apa sih yang ampuh untuk meningkatkan konsentrasi.

Ada beberapa cara yang perlu kamu lakukan agar bisa kembali fokus dan mudah berkonsentrasi dalam melaksanakan sesuatu.

  1. Kenali Penyebabnya

Biasanya, susah konsentrasi disebabkan oleh beberapa hal. Jika sulit berkonsentrasi disebabkan karena gangguan kesehatan yang kamu alami, maka atasi masalah itu terlebih dahulu.

Misalnya, kamu susah fokus karena kualitas tidur yang buruk. Maka, kamu perlu memperbaiki tidurmu sampai normal untuk mendapatkan pikiran yang kembali fresh dan mudah berkonsentrasi.

2. Atur Target Pekerjaan

Penyebab sulit berkonsentrasi bisa jadi karena target pekerjaanmu yang terlalu berlebihan. Sehingga, menyebabkan kamu stres, terlalu terbebani hingga menimbulkan masalah seperti susah berkonsentrasi.

Jadi, buat target atau rencana kerja yang sederhana ya. Atur target yang lebih realistis, agar kamu lebih mudah mengerjakannya dan kamu bisa terbebas dari stres dan masalah konsentrasi.

3. Makan yang Teratur

Soal asupan juga gak boleh kamu abaikan jika kamu memiliki masalah berkonsentrasi. Sebab, apa yang kamu konsumsi bisa berpengaruh pada pikiranmu.

Makan juga harus teratur setiap harinya dan usahakan untuk mengonsumsi asupan dengan komposisi gizi seimbang, lengkap dengan sayur, buah, dan lemak sehat.

4. Istirahat yang Cukup

Satu lagi yang perlu kamu perhatikan untuk memperbaiki kesulitan berkonsentrasi ialah istirahat yang cukup. Jika semua hal di atas sudah lakukan tapi istirahatmu masih kurang, maka kesulitan berkonsentrasi akan tetap menghantuimu.

Usahakan untuk tidur setidaknya enam atau tujuh jam setiap hari dan segera atasi jika punya masalah susah tidur. Redakan stres dengan rutin bermeditasi, menulis jurnal, membaca buku, yoga, atau berolahraga ringan.

Lalu, kerjakan kegiatan yang bikin relaks selepas beraktivitas sepanjang hari seperti memasak, main games, atau menonton film.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini