Bukan Cengeng, Menangis Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan Lho!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Seseorang yang mengeluarkan air mata cenderung dianggap sebagai pribadi yang cengeng. Sering juga perilaku ini disebut sebagai hal yang negatif karena berhubungan dengan kesedihan.

Tapi jangan salah dulu, ternyata menangis bukan berarti Anda merupakan pribadi yang lemah. Menurut berbagai penelitian, mengeluarkan air mata bisa memberikan manfaat bagi kesehatan psikis maupun fisik.

Mau tau? berikut 5 manfaat mengangis untuk kesehatan Anda

1. Meredakan Stres

Menurut para ilmuan, menangis adalah langkah awal untuk meredakan stres. Saat Anda menangis karena emosional, tubuh sebenarnya juga sedang melepaskan hormon kortisol atau racun melalui air mata yang meneter. Saat stres, senyawa kimia dalam tubuh Anda menjadi tidak seimbang. Sehingga, menangis dapat membantu melepaskan perasaan negatif, tekanan, dan frustasi yang terpendam selama ini.

2. Memperbaiki Suasana Hati

Menangis juga bermanfaat untuk kesehatan psikologis. Penelitian dari University of South Florida tahun 2018 membuktikan bahwa menangis dapat menenangkan diri hingga meningkatkan suasana hati menjadi leih baik daripada antidepresan apapun. Tapi, ini semua tergantung apa yang menjadi alasan Anda menangis.

3. Meningkatkan Penglihatan

Air mata yang keluar dihasilkan oleh kelenjar lakrimal. Air mata mampu membantu membersihkan mata dari debu-debu, mencegah iritasi pada mata, dan menjaga mata agar tetap lembab. Dengan menangis, secara tidak langsung Anda telah berusaha menjernihkan penglihatan.

4. Membantu Tingkatkan Kualitas Tidur

Penelitian menemukan bahwa menangis dapat membantu seseorang tertidur dengan lebih mudah. Hal ini adalah dampak dari meningkatnya mood, melegakan perasaan, dan menghilangkan rasa sakit. Kalau pada bayi, menangis membantunya membersihkan cairan ekstra di paru-paru, hidung, dan mulut hingga bisa membuatnya tertidur lebih baik.

5. Mempengaruhi Orang Lain

Melihat seseorang menangis membuat orang lain semakin peka terhadap kondisi emosional individu hingga bisa menimbulkan empati mendalam. Individu lain juga akan tergerak untuk menenangkan dan memberi perasaan yang nyaman ketika melihat tangisan emosional. (Maropindra Bagas/R)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini