BTS Bicara soal Rasisme Anti-Asia, Ungkap Pengalaman Didiskriminasi

Baca Juga

MATA INDONESIA, SEOUL – BTS berbicara menentang rasisme anti-Asia di media sosial. Pada hari Selasa 30 Maret 2021, RM cs merilis pernyataan di Twitter untuk mendukung gerakan #StopAsianHate yang sedang berlangsung.

“Kami mengirimkan belasungkawa yang terdalam kepada mereka yang telah kehilangan orang yang mereka cintai,” bunyi pernyataan itu, yang diterbitkan dalam bahasa Korea dan Inggris.

“Kami merasakan kesedihan dan kemarahan. Kami mengingat saat-saat ketika kami menghadapi diskriminasi sebagai orang Asia. Kami telah menahan umpatan tanpa alasan dan diejek karena penampilan kami. Kami bahkan ditanya mengapa orang Asia berbicara dalam bahasa Inggris,” lanjutnya.

Mereka mengutuk peningkatan kejahatan kebencian anti-Asia di Amerika Serikat. Seperti diketahui pada 16 Maret 2021 lalu, delapan orang tewas dalam serangkaian penembakan di tiga spa atau panti pijat Atlanta, enam di antaranya adalah wanita Asia.

Kejahatan kebencian anti-Asia telah meningkat sejak 2020, meningkat hampir 150 persen pada tahun itu saja, menurut sebuah laporan yang dirilis oleh Pusat Studi Kebencian dan Ekstremisme.

“Kami tidak bisa mengungkapkan dengan kata-kata rasa sakit menjadi subjek kebencian dan kekerasan karena alasan seperti itu,” bunyi surat itu.

Sebagai tanggapan, BTS menjelaskan bagaimana pengalaman mereka sendiri dengan rasisme telah menyebabkan mereka merasa “tidak berdaya” dan “menjauh” pada harga diri mereka.

“Pengalaman kami sendiri tidak penting dibandingkan dengan peristiwa yang terjadi selama beberapa minggu terakhir. Tapi pengalaman ini cukup untuk membuat kita merasa tidak berdaya dan menghilangkan harga diri kita. Apa yang terjadi saat ini tidak dapat dipisahkan dari identitas kami sebagai orang Asia.”

BTS menjelaskan bahwa mereka membutuhkan “waktu yang cukup lama” untuk memutuskan bagaimana sebenarnya mengkomunikasikan pesan yang sangat penting ini, tetapi mengakhiri catatan tersebut dengan pernyataan persatuan: “Tapi apa yang harus disampaikan oleh suara kami jelas. Kami menentang diskriminasi rasial. Kami mengutuk kekerasan. Anda, saya dan kita semua memiliki hak untuk dihormati. Kami akan berdiri bersama.”

Baca postingan lengkap BTS di bawah ini!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antisipasi Konvoi Kelulusan Pelajar, Polres Bantul Bakal Gelar Patroli

Mata Indonesia, Yogyakarta - Pengumuman kelulusan SMA, SMALB dan SMK akan dilaksanakan Rabu (7/5/2024). Polres Bantul mengimbau agar para pelajar tidak melakukan konvoi. "Kami mengimbau para siswa tidak melakukan konvoi yang dapat menggangu ketertiban umum dan masyarakat pengguna jalan," kata Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana S.Sn, Minggu (5/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini