Bolehkah Minum Air Es Setelah Olahraga? Ini Penjelasannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Usai olaharaga, memang paling nikmat istirahat sambil minum air dingin untuk menyegarkan tubuh. Sebab, usai olahraga suhu tubuh akan meningkat membuat keringat bercucuran dan terasa gerah.

Tak hanya membuat segar, air es juga membangkitkan lagi stamina dan semangat setelah lelah berolahraga. Namun, apakah boleh jika setelah berolahraga kita mengkonsumsi air dinging untuk menyegarkan tubuh?

Banyak mitos beredar bahwa minum air dingin pasca olahraga bisa menurunkan berat badan. Katanya, minum air dinging setelah berolahraga bisa membantu kalori jadi cepat terbakar. Dilansir dari sumber, menurut Roger Clemens dari Fakultas Farmasi Universitas California Selatan, minum air dingin atau es dapat membakar kalori saat tubuh bekerja untuk meningkatkan suhu cairan yang dicerna dengan suhu tubuh.

Akan tetapi, kalori yang bisa terbakar sangat sedikit. Dikutip dari Halodoc, minimal minum air dingin setelah berolahraga untuk menurunkan berat badan ialah 102 liter. Dengan demikian, minum air es setelah berolahraga bukanlah sebuah cara yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Lantas, apakah baik minum air dingin setelah berolahraga?

Menurut para ahli, minum air es setelah berolahraga tidak dianjurkan sebab bias menimbulkan dampak yang tidak baik bagi tubuh. Apa saja? Yuk simak!

1. Lama Diserap Tubuh

Menurut penjelasan ahli dari Texas Heart Institute, minum air es setelah berolahraga bukan pilihan yang baik untuk di konsumsi. Bukan karena bisa mengejutkan organ tubuh, tapi karena air dingin akan lama diserap oleh tubuh yang suhunya sedang naik. Sehingga membuat kamu jadi semakin haus. Oleh karena itu, para ahli menyarankan saat selesai berolahraga untuk meminum air degan suhu normal, ketimbang air dingin atau air es.

2. Menyebabkan Hyponatremia

Karena air dingin malah bikin jadi tambah haus, maka kamu akan meminum air dingin secara terus menerus. Hal tersebut bisa mengakibatkan hyponatremia. Dikutip dari Alodokter, hyponatremia merupakan kondisi gangguan elektrolit ketika kadar natrium (sodium) dalam darah lebih rendah dari batas normal.

Dalam tubuh kita, natrium memiliki sejumlah fungsi, antara lain untuk mengendalikan kadar air dalam tubuh, menjaga tekanan darah, serta mengatur sistem saraf dan kinerja otot. Nah, kamu perlu waspada, karena kondisi hyponatremia bisa membahayakan nyawa jika disepelekan.

3. Gampang Buang Air Kecil

Minum air dingin setelah berolahraga dapat mempengaruhi kandung kemih yang letaknya di depan usus halus. Semakin dingin kondisi usus halus, maka akan semakin sulit kandung kemih untuk menahan urin. Oleh sebab itu, kamu jadi lebih sering buang air kecil Akibatnya, tubuh kamu bisa kekurangan potasium dan sodium yang perannya mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini