Bikin Kepo, Begini Lho Asal Muasal Tradisi Halloween

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Apa yang kamu ketahui saat mendengar kata Halloween? Pasti kamu akan menjawab, hantu, kostum, hingga kata trick or treats. Maka, perayaan tersebut sudah gak asing di telingamu.

Halloween mulanya dirayakan oleh masyarakat di negara barat. Saat tanggal 31 Oktober tiba, mereka sudah bersiap memperingati hari ini, mulai dari mendekor rumah, menyiapkan kostum unik, hingga membuat pesta yang meriah.

Tapi, tahukah kamu bagaimana asal muasal perayaan ini tercipta?

Kata Halloween berasal dari All Hallows Evening, yang berarti Malam yang Suci. Dikutip dari History, Halloween berasal dari festival Samhain Celtic kuno yang hidup 2000 tahun yang lalu. Mereka tinggal di daerah yang kini menjadi Inggris Raya, Irlandia, dan Prancis Utara.

Celtic kuno merayakan tahun baru mereka setiap tanggal 1 November 2020. Celtic percaya, bahwa pada malam sebelum tahun baru, yakni tanggal 31 Oktober, batas antara dunia orang hidup dan orang mati menjadi kabur.

Maka, setiap malam pada tanggal 31 Oktober mereka merayakan Samhain, sebagai kepercayaan mereka bahwa hantu orang mati kembali ke bumi.

Nah, pada saat itulah roh-roh yang ada dapat berjalan bebas di dunia, merusak hasil panen dan menimbulkan berbagai masalah. Oleh karena itu orang-orang Celtic akan menggunakan kostum menyerupai hantu pada saat Festival Samhain, agar para roh menganggap mereka teman dan tidak mengganggu mereka.

Kini, tak cuma di Eropa, Halloween pun semakin populer di seluruh dunia, termasuk Amerika. Hal ini dikarenakan banyak imigran Eropa yang masuk ke negara tersebut.

Dengan gabungan tradisi Irlandia dan Inggris, maka munculah tradisi Trick or Treat di Amerika. Trick or Treat adalah anak-anak akan menghampiri rumah-rumah tetangga dan meminta permen sambil berkata trick or treat.

Anak- anak akan berlaku baik jika mereka mendapatkan permen atau hal-hal sejenisnya, tetapi anak-anak akan menjahili rumah tersebut jika tidak diberi permen. Seru banget ya!

Meski di Indonesia perayaan ini tak diperingati besar-basaran, ada beberapa tempat di ibu kota yang turut merayakan tradisi ini untuj seru-seruan. Kalau kamu gimana? Tertarik untuk ikut merayakan Halloween tahun ini?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini