Sakit kepala saat bangun tidur (pixabay)
MATA INDONESIA, JAKARTA – Pernahkah kamu saat bangun tidur merasakan pusing atau sakit kepala? Rasanya memang gak nyaman ya gaes. Dimana saat bangun tidur seharusnya lebih segar, tapi ini justru sakit kepala.
Selain tak nyaman, sakit kepala di pagi hari bisa mengganggumu beraktivitas. Dikutip dari Alodokter, sakit kepala saat baru bangun memang tidak berbahaya. Biasanya sakit kepala ini terjadi pada pukul 4-8 pagi dan berlangsung selama 30-60 menit.
Nah, penyebab sakit kepala saat pagi hari pun beragam. Biar gak terjadi terus menerus, yuk simak apa saja penyebabnya.
1. Jam Tidur Tidak Ideal
Penyebab pertama yang memungkin kamu pusing saat bangun tidur karena jam tidurmu yang tidak ideal. Pada dasarnya, durasi tidur yang baik dan sehat ialah delapan jam.
Bisa jadi, sakit kepalamu itu disebabkan karena waktu tidurmu yang berantakan.
Jika itu penyebabnya, cobalah untuk kendalikan kembali waktu tidurmu. Hindari tidur siang yang terlalu lama agar tidak terjaga saat malam hari.
2. Sleep Apnea
Sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah ini. Sleep apnea merupakan gangguan yang menyebabkan pernapasan seseorang terhalang atau terhimpit ketika tidur. Hal tersebut memicu otak jadi kekurangan oksigen dan menjadi pusing saat bangun.
Gejala sleep apnea meliputi mendengkur, terbangun pada malam hari, hingga sesak napas.
3. Stress/Depresi
Sudah bukan rahasia lagi jika stress dan depresi bisa mempengaruhi kualitas tidurmu. Masalah tersebut melahirkan insomnia yang bikin kamu susah tidur. Keduanya, dikutip dari DetikHealth, mampu meningkatkan resiko sakit kepala di pagi hari.
Saat banyak pikiran, kamu jadi susah tidur sehingga saat bangun di pagi hari kepalamu jadi sakit hingga migrain. Usahakan untuk merilekskan badan dan pikiranmu terlebih dahulu. Biar afdol, kamu bisa memutar musik dengan ritme yang pelan atau menyalakan lilin aromaterapi agar kondisi mu lebih rileks dan tenang.
4. Dehidrasi
Saat kamu mengalami dehidrasi, tubuh akan terasa lemas, kehausan dan pusing. Nah, dehidrasi bisa terjadi meski kamu sedang tidur loh. Penyebabnya karena suhu ruangan terlalu panas (hipertemia).
Selain itu, dehidrasi juga di picu kurangnya minum air putih, dan terlalu banyak mengkonsumsi kafein. Jadi, pastikan suhu ruanganmu sejuk dan konsumsi air putih yang cukup sebelum tidur ya.
5. Hipotensi Ortostatik
Nah yang terakhir, ini yang menyebabkan kamu pusing saat bangun tidur. Pernahkah kamu saat bangun pandangan seolah gelap. Hal itu diserbut Hipotensi Ortostatik. Kondisi ini merupakan menurunnya tekanan darah ketika kamu bangun dari posisi berbaring ke posisi berdiri.
Meski hanya berlangsung beberapa detik, ada baiknya kamu mencegahnya dengan bangun perlahan dan duduk terlebih dahulu, sebelum kamu berdiri dan beraktivitas.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here