Beberapa Tips Menurunkan Berat Badan yang Cocok untuk Segala Usia

Baca Juga

MATAINDONESIA, INTERNASIONAL – Bagi Anda yang berusia 2-an atau 60-an, menurunkan berat badan membutuhkan rasa dedikasi dan fokus. Tidak hanya menuntut disiplin dan tekad, tetapi juga disertai banyak tantangan.

Meski melakukan diet ketat dan berolahraga secara teratur dapat membantu Anda mengurangi lemak tubuh dan membantu menurunkan berat badan, menjalani gaya hidup sehat dan rencana dapat meningkatkan kecepatan proses penurunan berat badan Anda.

Melansir Times of India, berikut tips menurunkan berat badan untuk Anda kawula muda atau mereka yang lansia.

Pentingnya tidur yang cukup

Kurang tidur seringkali dapat menyebabkan obesitas dan menambah berat badan. Banyak penelitian telah mengklaim adanya hubungan antara pembatasan tidur dan perubahan negatif dalam metabolisme, yang seringkali dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Peneliti di University of Chicago juga menemukan bahwa kurang tidur bisa membatasi kemampuan tubuh untuk mengurangi lemak berlebih. Karena itu, penting bagi Anda untuk cukup tidur, jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Bangun lebih awal

Bangun pagi bisa menjadi tugas, terutama di musim dingin, menurut peneliti di Northwestern University, hal itu bisa dikaitkan dengan penurunan BMI dan peningkatan berat badan. Meskipun demikian, bangun pagi memberi Anda dorongan untuk memulai hari dengan energi yang tepat dan membuat rencana secara efisien.

Siapkan makanan Anda di rumah

Memasak di rumah tidak hanya menyehatkan tetapi juga membantu Anda menjauhi semua karbohidrat, kalori, dan lemak tidak sehat yang tidak perlu itu. Jika Anda seseorang yang ingin menurunkan berat badan, Anda harus mulai menyiapkan makanan di rumah.

Beralih ke makanan kaya omega-3

Makanan kaya omega-3 seperti ikan berlemak, contohnya salmon dan makanan laut lainnya dapat membantu mempercepat proses penurunan berat badan Anda. Penelitian juga menyatakan bahwa makanan yang kaya omega-3 dapat membantu mengurangi lemak perut dan juga meningkatkan laju metabolisme.

Minum banyak air mineral

Air adalah salah satu sumber energi utama dalam tubuh. Dari meningkatkan pencernaan hingga menghilangkan limbah dari tubuh, minum banyak air dapat membantu membangun kekebalan tubuh Anda. Meskipun demikian, tetap terhidrasi dapat membuat Anda kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama, membuat Anda tetap sehat dan terhindar dari karbohidrat dan lemak yang tidak sehat.

Kurangi stress

Stres bisa menjadi salah satu alasan utama penurunan berat badan. Stres yang tidak terkelola dengan baik dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh, yang justru merangsang nafsu makan dan mengakibatkan penambahan berat badan. Meski begitu, penting bagi Anda untuk membiarkan pikiran Anda beristirahat dan terlibat dalam hal-hal yang membuat Anda merasa bahagia.

Olahraga secara teratur

Sementara generasi muda telah beralih ke aktivitas dalam ruangan dan sibuk dengan ponsel dan media sosial mereka, para lansia tidak memiliki vitalitas untuk melakukan latihan rutin.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dan menjalani hidup sehat, maka Anda harus mulai berlatih untuk hal yang sama. Bergantung pada usia Anda dan apa yang paling cocok untuk Anda, lakukan olahraga teratur dan rasakan perubahannya dalam beberapa hari.

Tingkatkan asupan buah

Alih-alih mengisi tubuh Anda dengan makanan berbahaya dan camilan tidak sehat, beralihlah ke makanan segar dan nikmat yang tidak hanya lezat tetapi juga sehat. Buah-buahan dapat membantu mengisi kebugaran tubuh Anda dan juga mencegah keinginan Anda untuk ngemil.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini