Bahayanya Minuman Kemasan Bagi Kesehatan Tubuh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi kalian yang gemar melakukan aktivitas olahraga tentu sangat membutuhkan minuman sebagai penyegar tubuh. Namun, kebanyakan orang akan mencari minuman kemasan atau sachet dibandingkan air mineral sebagai pilihannya.

Terlebih lagi minuman kemasan tersebut sangat praktis, murah, dan memiliki beragam rasa yang disukai oleh banyak kalangan.

Sebenarnya tidak ada larangan jika seseorang menikmati minuman tersebut, tapi kalau terlalu sering akan berdampak buruk bagi kesehatan kalian. Kadar gula yang sangat tinggi dari minuman sachet itu akan menyebabkan penyakit diabetes.

Bukan hanya itu, Syarief Darmawan selaku ahli gizi pernah mengatakan bahwa minuman kemasan lebih berbahaya dibandingkan dengan efek merokok.

“Ya betul sekali, minuman kemasan lebih berbahaya dibanding dengan rokok karena dalam minuman kemasan ada bahan tambahan makanan berupa pemanis buatan dan pewarna buatan.” ungkap Syarief Dermawan.

Lalu, apakah minuman sachet hanya menyebabkan penyakit diabetes? Faktanya diabetes hanyalah satu dari banyaknya penyakit akibat mengkosumsi minuman sachet secara berlebihan. Berikut dampak negatif dari minuman sachet bagi kesehatan tubuh, simak baik baik ya!

1. Obesitas

Minuman kemasan yang kalian nikmati secara berlebihan akan diolah kembali oleh tubuh hingga membentuk sebuah lemak. Hal tersebut yang mengakibatkan gula sangat berpotensi terhadap gemuknya seseorang.

2. Kanker

Minuman sachet memiliki banyak zat beracun dan berbaya seperti pemanis, pewarna hingga pengawet makanan. Jika kalian mengkosumsi dengan jumlah yang berlebih, itu sama saja akan mendatangkan musibah bagi tubuh kalian yaitu munculnya penyakit kanker.

3. Gagal Ginjal

Kandungan didalam minuman kemasan memiliki asam amino serta keratin yang akan menganggu pada kesehatan ginjal. Jika kalian terus mengkosumsinya setiap hari bukan tidak mungkin seseorang akan mengalami gagal ginjal. Untuk itu, masyarakat selalu dihimbau untuk selalu mengkosumsi air mineral dibandingkan minuman sachet.

4. Radang Tenggorokan

Pemanis buatan dalam minuman kemasan jangan dianggap sepele. Kandungan atau zat tersebut akan menyebabkan kalian mengalami radang tenggorokan, gatal di daerah tenggorokan, batuk berdahak hingga yang paling terparah terjadinya sesak nafas.

5. Penyakit jantung

Sebagian orang mengatakan bahwa mengkosumsi minuman sachet secara berlebihan hanya akan mendatangkan keluhan batuk berdahak. Faktanya, kadar kafein yang tinggi pada minuman kemasan akan memicu tekanan darah tinggi. Hal tersebut tidak bisa diremehkan lagi karena tahap selanjutnya seseorang akan mengalami penyakit jantung.

Reporter : R Al Redho Radja S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini