MATA INDONESIA, JAKARTA – Tubuh terasa begitu lemas dan lelah usai bangun tidur, padahal kamu sudah merasa tidurmu cukup nyenyak. Lalu mengapa hal ini bisa terjadi, apa selama ini tidurmu belum benar-benar dikategorikan tidur nyenyak?

Umumnya mungkin kita lebih familiar dengan istilah tidur nyenyak dan tidak nyenyak. Padahal diluar hal tersebut, tidur ternyata melewati beberapa fase tahapan. Tidur nyenyak merupakan tahapan ketiga dalam tidur.

Dimana pada tahap ini, kamu akan menjadi kurang responsif dari berbagai aktivitas di lingkungan. Jika kamu berada pada tahap ini, maka kamu akan lebih sulit untuk dibangunkan, karena terlalu lelap dalam tidurmu.

Lalu mengapa saat bangun tidur badan terasa lemas dan lelah? Dilansir dari kanal YouTube SB30 Health, Dr. Sungadi Santoso mengatakan ada banyak penyebab badan terasa lelah usai bangun tidur. Beberapa penyebab tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Membawa Pekerjaan ke Tempat Tidur

Penyebab pertama yang dapat membuat badan lemas dan lelah usai bangun tidur adalah karena membawa pekerjaan sehari-hari ke tempat tidur. Membawa pekerjaan ke atas tempat tidur ini bukan hanya ia yang membawa smartphone atau laptopnya ke atas tempat tidur saja.

Tapi juga ia yang sudah di tempat tidur namun pikirannya masih terfokus pada pekerjaan. Membawa pekerjaan ke tempat tidur ini ternyata dapat membuat kualitas tidurmu menjadi tidak baik.

2. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat membuatmu menjadi lebih terjaga di malam hari. Sehingga seharusnya tidur lebih awal, malah tidak bisa tidur dan baru bisa tidur ketika sudah larut malam. Pada keesokan harinya seharusnya badan terasa lebih segar karena tidur awal, malah akan terasa lemas dan lelah karena kekurangan jam tidur.

3. Makan Berlebihan Sebelum Tidur

Saat kita beristirahat, seharusnya organ tubuh seperti usus pun beristirahat juga. Namun saat kita memasukkan banyak makanan di malam hari, otomatis usus akan tetap bekerja mencerna makanan yang kita makan. Sehingga hal ini dapat menyebabkan tubuh terasa tidak segar saat bangun tidur.

4. Jarang Berolahraga

Olahraga dapat memperbaiki sirkulasi darah dan memperbaiki metabolisme tubuh. Dengan rutin berolahraga dapat membuat tidurmu menjadi lebih lelap. Saat kamu jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga, kualitas tidurmu pun akan menjadi kurang bahkan tidak baik.

5. Dehidrasi

Dehidrasi dapat menjadi penyebab tubuh terasa lemas dan lelah usai bangun tidur. Pasalnya, saat dehidrasi berarti tubuh mengalami kekurangan cairan dan sirkulasi darah pun berjalan tidak baik. Saat kamu dehidrasi, usahakan untuk segera isi tubuhmu dengan cairan, agar metabolisme berjalan dengan baik kembali.

6. Anemia

Saat kamu melakukan aktivitas ataupun tidur, tubuh tetaplah membutuhkan oksigen. Pada pengidap penyakin anemia, sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen di dalam tubuh berkurang. Sehingga hal ini yang menjadi penyebab tubuh terasa lemas saat bangun tidur.

7. Hipotensi

Hipotensi adalah tekanan darah rendah. Saat kamu mengalami hipotensi, tubuh akan terasa lemas saat bangun tidur. Untuk mengatasinya, kamu dapat memulai dengan memperbaiki pola makan dan rajin untuk berolahraga.

8. Hipoglikemia

Hipoglikemia merupakan suatu kondisi dimana kadar gula darah mengalami fase yang terlalu rendah. Umumnya hal ini terjadi pada penederita kencing manis atau diabetes. Saat pola makannya tidak teratur, lupa makan dan minum obat, keesokan harinya ia akan mengalami kadar gula darah yang drop. Sehingga hal inilah yang memicu badan lemas dan lelah usai bangun tidur.

9. Efek Samping Obat atau Alkohol

Obat-obatan tertentu yang dikonsumsi dapat membuat tubuhmu menjadi lemas dan lelah pada keesokan harinya. Misalnya obat penenang yang dikonsumsi berlebihan ataupun akibat telah mengkonsumsi alkohol pada malam harinya. Kedua hal inilah yang menjadi penyebab tubuh terasa lemas dan lelah saat bangun tidur.

Penulis: Rini Apriliani

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here