Ilustrasi bergosip (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sudah kodratnya manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa lepas dari manusia lain, terutama saat kita memiliki tempat tinggal. Tentu kehidupan bertetangga adalah hal yang tak bisa kamu hindari.

Karenanya, bersosialisasi dan membangun hubungan yang baik dengan tetangga sangatlah penting. Sebab, agama Islam sangat menganjurkan untuk selalu berbuat baik kepada tetangga.

Banyak dalil dalam Al Qur’an dan juga hadits yang menyiratkan bahwa setiap umat Islam diwajibkan untuk terus berbuat baik kepada orang lain dengan menolongnya jika mereka membutuhkan sebuah pertolongan. Sebagaimana agama Islam menjelaskan untuk berbuat baik kepada teman dan tetangga kita diwajibkan untuk tidak memandang dari segi sosial dan suku.
Dalam QS Al Qashash ayat 77 Allah SWT berfirman:
Berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.
Namun, kenyataannya masih ada saja tetangga-tetangga yang usil bahkan tidak memperlakukan kita dengan baik dan membuat kita menjadi resah dan tak nyaman. Jika berhadapan dengan tetangga seperti ini, kamu perlu ekstra sabar dan berlapang dada ya.
Sebab, jika tidak ekstra sabar, kamu pasti akan selalu kesal dan timbul prasangka-prasangka yang dibenci Allah SWT. Dengan demikian, kamu perlu banyak berdoa biar terhindar dari tetangga yang jahat dan julid.
Doa agar terhindar dari tetangga yang julid:
Allahumma inni a’udzubika min yaumis su’ wa min lailatis su’ wa min sa’atis su’ wa min shahibis su’ wa min jaris su’ fi daril muqamah.
“Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hati yang buruk, malam yang buruk, waktu yang buruk. Teman yang buruk, dan dari tetangga yang buruk di tempat tinggalku (HR Thabrani).”

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here