Baca Doa Ini Agar Tak Tersesat Saat Mendaki

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sudahkah Anda merencanakan liburan panjang akhir pekan nanti? Meski di tengah pandemi, sejumlah objek wisata tetap buka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sebagian orang memilih untuk menghabiskan waktu dengan menikmati keindahan pantai, sebagian lain memutuskan untuk wisata kuliner, dan tak sedikit orang melakukan pendakian atau naik gunung.

Mendaki merupakan aktivitas yang menyenangkan untuk sebagian orang yang ingin menjauh dari hiruk pikuk kota besar. Pemandangan alam yang ditawarkan bukan hanya membuat hati damai, tetapi juga dapat menjernihkan pikiran.

Namun, mendaki gunung termasuk kegiatan yang cukup berisiko, sehingga dibutuhkan persiapan fisik dan logistik yang matang. Selain dua hal tersebut, sebagai Muslim tentu saja, doa menjadi hal yang utama.

Sebab, tak pernah ada yang dapat memprediksi peristiwa apa yang akan terjadi saat mendaki gunung nantinya. Dengan membaca doa, kita memohon kepada Allah SWT untuk senantiasa melindungi dan memudahkan pendakian hamba-NYA. Berikut doa yang dapat Anda baca saat mendaki gunung:

“Lau anzalna hadzal qurana ala jabalin lara-aitahu khasyian mutashaddian min khasy-yatillah, watilkal amtsalu nadlribuha lin nasi laallahum yatafakkarun.”

Artinya:

“Kalau sekiranya Kami turunkan Al Qur’an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya kepada Allah SWT. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berpikir.”

Selain membaca doa, mempersiapkan fisik dan logistik, Anda yang berencana mendaki gunung akhir pekan nanti juga wajib menjaga etika, baik sikap maupun tutur kata. Sebab, gunung tak ubahnya manusia yang merupakan makhluk hidup yang harus dijaga dan dihormati.

Terlebih, kebanyakan gunung di Indonesia merupakan kawasan yang dipercaya sebagai tempat keramat. Sehingga Anda para pendaki, jaga lisan Anda dari perkataan kotor ketika berada di gunung.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini