Ayah & Bunda, Berikut Tips Mengajari Buah Hati Berbicara

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Salah satu momen yang dinantikan para orang tua adalah ketika buah hati mereka mulai berbicara. Antara usia 12-18 bulan, anak-anak mulai mengucapkan beberapa kata pertama, yang biasanya ‘mama’ atau ‘papa’.

Seiring berjalannya waktu, kosa kata buah hati Anda akan terus berkembang. Melansir Times of India, berikut cara membantu anak Anda berbicara:

Paparkan mereka pada kata-kata yang berbeda

Apakah anak Anda sudah mulai berbicara atau tidak, Anda harus terus berbicara dengannya. Memperkenalkan mereka pada kata-kata baru akan memperkuat kosakata mereka.

Rajin membacakan buku

Sementara mengembangkan kosakata anak-anak Anda sangat penting, Anda harus membacakan buku untuk buah hati Anda secara teratur.

Beri label semuanya

Jangan gunakan gerakan tubuh untuk menemukan sesuatu, melainkan sebutkan semua yang ada di sekitar Anda.

Mendengarkan musik

Musik adalah cara yang bagus untuk melibatkan anak Anda. Mereka selalu tertarik pada nada dan ritme. Bahkan, si kecil mungkin dapat menangkap beberapa kata.

Pengulangan adalah kuncinya

Setelah mereka memahami kata atau mulai mengidentifikasi dengan suatu objek atau seseorang, buat mereka mengulanginya lagi dan lagi. Ini akan membangun konsistensi dalam berbicara.

Hindari pembicaraan bayi

Meskipun Anda dapat berbicara perlahan dan mantap, hindari bicara bayi atau suara gumaman kepada mereka.

Jangan manjakan dengan gadget

Jangan manjakan buah hati Anda dengan gadget, seperti handphone atau tablet. Alih-alih membuatnya tenang saat tantrum, terlalu banyak memberikannya gadget, membuat kemampuan berbicara mereka terhambat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini