Ilustrasi nasi (pixabay)

MATA INDONESIA,JAKARTA- Kurang lengkap rasanya bagi masyarakat Indonesia kalau tidak ada nasi sebagai hidangan pokok. Namun, tahukah kalian terlalu sering mengkosumsi nasi dapat memicu datangnya penyakit diabetes? Hal tersebut karena nasi putih memiliki indeks glikemik yang sangat tinggi.

Indeks glikemik diketahui sebagai proses tubuh mengubah karbohidat menjadi gula yang nantinya akan diserap ke dalam aliran tubuh seseorang. Indeks tersebut bisa dikatakan aman jika berada di bawah 55, bila diatas 70 itu akan sangat berbahaya.

Untuk kalian yang terkena penyakit diabetes disarankan mengkosumsi nasi dengan indeks glikemik yang rendah.

Seseorang yang terkena penyakit diabetes, dihimbau untuk mengkosumsi kaborhidat atau nasi tidak lebih dari 45 gram hingga 60 gram. Lalu, apa penyakit atau bahaya lain jika seseorang mengkosumsi nasi secara berlebihan? Mari simak baik baik di bawah ini :

1. Sembelit

Jika seseorang mengonsumsi nasi secara berlebihan akan menyebabkan sembelit. Hal tersebut terjadi karena penumpukan karbohidrat yang berlebih dalam sistem pencernaan. Kandungan alium yang ada pada karbohidrat tidak mudah cair sehingga menyebabkan seseorang mengalami sembelit.

2. Kelelahan

Konsumsi nasi secara berlebih juga dapat menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah karena karbohidrat bisa menaikkan kadar gula darah. Selanjutnya, tubuh akan mengalami obesitas.

3. Penyakit Jantung

Mungkin penyakit jantung terasa asing didengar untuk pengunaan nasi secara berlebih. Namun, penyakit mematikan tersebut akan datang bila kalian sudah terkena diabetes.

Reporter : R Al Redho Radja S

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here