MATA INDONESIA, JAKARTA – Siapa nih yang kulitnya banyak komedo? Pasti ganggu banget ya kalau ada komedo di sekitar wajah kita.

Komedo adalah salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu karena bikin wajah kita kelihatan kurang flawless. Biasanya, komedo muncul karena adanya penyumbatan oleh sel-sel kulit mati atau minyak di pori-pori kulit kita.

Munculnya komedo juga diakibatkan dari kulit yang sering terpapar polusi. Kondisi udara yang kotor bisa menyebabkan debu menempel di wajahmu dan menimbulkan komedo, umumnya di sekitar hidung.

Tapi, gak cuma dari situ, komedo juga bisa hadir di wajah kita akibat kandungan skincare yang justru menyumbat pori-pori. Nah, kamu perlu tahu nih kandungan apa saja di dalam skincare yang justru bisa menumpuk komedo di wajah kamu. Yuk simak!

  1. Coconut Oil

Kandungan pertama pada skincare yang bisa bikin komedian ialah coconut oil. Biasanya, kandungan tersebut sering ditemui dalam cleansing oil atau pembersih make up yang berbahan dasar minyak untuk membantu mengangkat sisa-sisa make up.

Coconut oil juga sering ditemukan dalam kandungan moisturizer atau pelembab kulit. Namun, zat tersebut tak baik jika digunakan terlalu sering loh!

Coconut oil mengandung vitamin E dan asam amino esensial yang dapat bermanfaat bagi kulit. Selain itu, coconut oil memiliki kandungan lemak yang tinggi, sehingga apabila teroksidasi dapat berperan seperti lem yang akan merekatkan partikel debu atau sel-sel kulit mati.

Hal tersebut dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya komedo. Tapi  jangan khawatir, kita tetap dapat menggunakan coconut oil dalam bentuk virgin coconut oil (VCO) karena coconut oil jenis ini lebih sulit teroksidasi sehingga cenderung non-comedogenic.

2. Cocoa Butter

Kandungan selanjutnya ialah cocoa butter. Cocoa butter adalah lemak yang diambil dari cokelat sehingga memiliki kandungan asam lemak yang tinggi.

Cocoa butter dapat membantu melembabkan kulit dan mengurangi kerutan serta menambah keelastisan kulit. Selain itu, wangi dari cocoa butter juga enak gaes!

Di balik manfaatnya, kandungan asam stearat dan oleat yang tinggi pada cocoa butter bisa menyumbat pori-pori pada semua jenis kulit wajah. Sehingga cocoa butter sangat tidak disarankan digunakan untuk kita yang memiliki kulit acne-prone.

Sebaiknya, cocoa butter digunakan untuk skincare tubuh saja ya, misalnya body lotion, body cream, atau body butter.

3. Alkohol

Alkohol sering digunakan sebagai pelarut pada beberapa jenis skincare, terutama skincare untuk kulit yang oily atau kombinasi. Alkohol juga memiliki sensasi dingin pada kulit dan dapat mengurangi minyak berlebih di wajah.

Namun ternyata, penggunaan alkohol di wajah bisa menyumbat pori-pori di wajah yang dapat mengakibatkan komedo bahkan jerawat loh! Maka, hindarilah skincare dengan kadar alkohol apalagi jika kulitmu sensitif ya.

4. Silicone

Terakhir ada kandungan silicone yang terkenal bisa menyumbat pori-pori pada wajah sehingga menyebabkan komedo. Biasanya, kandungan ini ada di produk make up ya gaes.

Kosmetik yang mengandung silicone biasanya ada di primer. Primer sering digunakan sebelum menggunakan make up seperti foundation atau bb cream. Gunanya untuk membuat kulit terasa lebih halus.

Meski membuat kulit halus secara instan, kandungan silicone pada kosmetik bisa menyumbat pori-pori di wajahmu. Hal tersebut bisa berujung pada munculnya jerawat hingga komedo yang membandel.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here