Awal Mula Hikayat Anjing Jadi Peliharaan Manusia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kenapa anjing bisa menjadi teman manusia sementara hewan sejenisnya seperti serigala tidak? Apa yang menyebabkan perubahan ini dan sejak kapan anjing menjadi sahabat manusia?

Anjing, yang dikenal dalam komunitas ilmiah sebagai Canis lupus familiaris saat ini adalah karnivora paling banyak di darat. Hewan ini datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan mereka dapat ditemukan di negara-negara di seluruh dunia.

Anjing juga merupakan spesies pertama yang dijinakkan oleh manusia. Ikatan keduanya sudah terjalin selama 15 ribu tahun. Namun, para ilmuwan masih memperdebatkan tentang sejarah dan evolusi anjing dan jadwal domestikasi hewan-hewan ini.

Seperti diketahui, ada anggapan anjing berevolusi dari serigala, dan para peneliti dan ahli genetika telah secara ekstensif mempelajari gigi taring untuk mencoba dan menentukan saat yang tepat dalam sejarah ketika anjing pertama berjalan di Bumi.

Malansir laman Historycooperative, bukti arkeologis dan analisis DNA menjadikan anjing Bonn-Oberkassel sebagai contoh pertama dari seekor anjing. Sisa-sisa, rahang bawah kanan (rahang kanan), ditemukan selama penggalian basal di Oberkassel, Jerman tahun 1914. Pertama kali secara keliru diklasifikasikan sebagai serigala, anjing Bonn-Oberkassel dimakamkan dengan dua manusia sekitar 14.220 tahun yang lalu.

Ada teori lain yang menunjukkan bahwa anjing mungkin sebenarnya lebih tua. Sebagai contoh, banyak ahli sepakat bahwa anjing mulai terpisah dari serigala mulai sekitar 16 ribu tahun sebelum hadir di Asia Tenggara. Nenek moyang anjing yang dikenal dan dicintai hari ini mungkin pertama kali muncul di wilayah Nepal dan Mongolia modern pada saat manusia masih menjadi pemburu-pengumpul.

Bukti tambahan menunjukkan bahwa sekitar 15 ribu tahun yang lalu, anjing purba pindah dari Asia Selatan dan Tengah dan menyebar ke seluruh dunia, mengikuti manusia saat mereka bermigrasi.

Kamp berburu di Eropa juga dianggap sebagai rumah bagi anjing yang dikenal sebagai anjing Paleolitik. Anjing ini pertama kali muncul sekitar 12 ribu tahun yang lalu dan memiliki fitur morfologi dan genetik yang berbeda dari serigala yang ditemukan di Eropa pada saat itu.

Faktanya, sebuah analisis kuantitatif dari fosil-fosil anjing ini menemukan bahwa anjing-anjing itu memiliki tengkorak yang bentuknya mirip dengan Anjing Gembala Asia Tengah.

Ada lebih banyak perselisihan tentang garis waktu sejarah anjing dan manusia. Apa yang disetujui sebagian besar ilmuwan dan ahli genetika anjing adalah bahwa anjing pertama kali dijinakkan oleh pemburu-pengumpul antara 9 ribu dan 34 ribu tahun lalu, yang merupakan rentang waktu yang sangat luas sehingga hampir tidak berguna.

Studi yang lebih baru menunjukkan manusia mungkin memiliki anjing peliharaan pertama kali sekitar 6.400-14.000 tahun lalu, ketika populasi serigala awal dibagi menjadi serigala Eurasia Timur dan Barat, yang didomestikasi secara independen satu sama lain dan melahirkan dua populasi anjing yang berbeda sebelum punah.

Domestikasi kelompok serigala yang terpisah ini mendukung teori bahwa ada dua insiden domestikasi untuk anjing. Anjing yang tinggal di Eurasia Timur mungkin pertama kali dijinakkan oleh manusia Paleolitik di Cina Selatan, sementara anjing lain mengikuti suku manusia lebih jauh ke barat ke tanah Eropa.

Studi genetik telah menemukan bahwa genom mitokondria dari semua anjing modern paling erat kaitannya dengan Canids Eropa. Penelitian juga melaporkan bahwa domestikasi anjing sangat dipengaruhi oleh awal pertanian.

Ikatan antara manusia dan anjing telah dipelajari secara luas karena sifatnya yang unik. Hubungan khusus ini dapat ditelusuri hingga ke masa ketika manusia pertama kali mulai hidup berkelompok.

Sebuah teori domestikasi awal menunjukkan bahwa hubungan simbiosis mutualisme antara kedua spesies dimulai ketika manusia pindah ke wilayah Eurasia yang lebih dingin.

Anjing-anjing paleolitik pertama kali mulai muncul pada waktu yang sama, mengembangkan tengkorak yang lebih pendek dan braincases yang lebih luas dan moncong dibandingkan dengan nenek moyang serigala mereka. Moncong yang lebih pendek akhirnya menyebabkan lebih sedikit gigi, yang mungkin merupakan hasil dari upaya manusia untuk membiakkan agresi dari anjing.

Nenek moyang anjing modern menikmati banyak manfaat dari tinggal di sekitar manusia, termasuk peningkatan keamanan, pasokan makanan yang stabil, dan lebih banyak peluang untuk berkembang biak. Manusia, dengan gaya berjalan tegak dan penglihatan warna yang lebih baik, juga membantu dalam melihat predator dan memangsa lebih banyak.

Telah dihipotesiskan bahwa manusia di era Holocene awal, sekitar 10 ribu tahun yang lalu, akan memilih anak-anak serigala untuk perilaku seperti ketamakan dan keramahan terhadap orang-orang.

Anak-anak anjing ini tumbuh menjadi teman berburu, melacak, dan mengambil permainan yang terluka saat paket manusia mereka menetap di Eropa dan Asia selama Zaman Es terakhir. Indera penciuman anjing yang meningkat sangat membantu dalam perburuan juga.

Selain membantu manusia berburu, anjing terbukti bermanfaat di sekitar kamp dengan membersihkan sisa makanan dan meringkuk bersama manusia untuk memberikan kehangatan.

Suku Aborigin Australia bahkan mungkin menggunakan ungkapan seperti “malam tiga anjing,” yang digunakan untuk menggambarkan malam yang begitu dingin sehingga tiga anjing diperlukan untuk menjaga seseorang agar tidak kedinginan.

Anjing-anjing awal ini dihargai sebagai anggota masyarakat penjelajah. Dianggap lebih unggul dari jenis anjing lain saat itu, mereka sering diberi nama yang tepat dan dianggap sebagai bagian dari keluarga.

Anjing juga sering digunakan sebagai hewan paket. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anjing piaraan di tempat yang sekarang Siberia dibiakkan secara selektif sebagai anjing seluncur 9 ribu tahun yang lalu, membantu manusia bermigrasi ke Amerika Utara.

Walaupun kelihatannya manusia menghargai anjing hanya dalam pengertian utilitarian, penelitian menunjukkan bahwa manusia telah membentuk ikatan emosional dengan sahabat anjing mereka sejak akhir zaman Pleistosen (sekitar 12 ribu tahun yang lalu).

Ini terbukti pada anjing Bonn-Oberkassel, yang dimakamkan bersama manusia meskipun manusia tidak menggunakan secara praktis untuk anjing pada periode tersebut.

 

Reporter: Diego, Karina, Anastasia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini