Antisipasi Corona, Simak Tips Nyaman Gawe dari Rumah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sejumlah perusahaan multi nasional mulai memberlakukan sistem bekerja dari rumah. Kebijakan ini dlakukan, pasca World Health Organization (WHO) menetapkan corona sebagai pandemi global.

Begitu pun dengan sejumlah negara seperti Jepang, Korea Selatan (Korsel), Amerika Serikat (AS) hingga Inggris juga telah menetapkan kebijakan serupa untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Nah, seandainya dalam beberapa waktu ke depan, perusahaan mengharuskan agar semua pekerja dari rumah, maka perlu diperhatikan beberapa hal berikut.

Siapkan Ruangan Kerja yang Nyaman
Agar pekerjaan berjalan lancar, maka harus menyiapkan ruangan bekerja yang jauh dari gangguan. Daripada berbaring di tempat tidur dengan laptop, cobalah siapkan ruang kerja sederhana. Seperti memindahkan meja ke sudut yang jauh dari gangguan, jangan lupa menyiapkan kursi agar duduk tetap tegak.

Buat peringatan sederhana kepada keluarga atau kerabat yang tinggal seatap bahwa Anda sedang bekerja dan tak bisa diganggu. Dengan ruang kerja khusus, detikers bisa lebih konsentrasi, sehingga bekerja jarak jauh bisa lebih mudah.

Jangan Merasa Terisolasi
Jangan sampai pekerjaan yang dilakukan dari jarak jauh ini membuat Anda merasa selalu sibuk setiap berada di rumah, sehingga merasa terisolasi.

Isolasi yang berkepanjangan juga berpotensi berdampak pada moral dan produktivitas. Itulah sebabnya Larson menyarankan, tetap pertahankan kegiatan normal seperti bersantai dengan rekan kerja. Misalnya, makan siang bersama-sama melalui video call.

Beri Semangat ke Rekan Kerja
Menyemangati rekan kerja juga sangat penting agar pekerjaan yang ditangani bersama bisa tetap terfokus dan terselesaikan dengan baik.

Semakin banyak upaya yang dilakukan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, semakin besar peluang untuk menghindari perasaan terisolasi, yang dapat menyebabkan depresi.

Tetap jalin Komunikasi dengan Atasan
Upaya ini bertujuan untuk tetap menjaga komunikasi dengan rekan kerja dari jauh. Dilansir BBC, seorang profesor manajemen dari Northeastern University di Boston Barbara Larson mengatakan, kunci bekerja jarak jauh adalah komunikasi. Seorang pekerja harus berkomunikasi sebaik-baiknya dengan atasannya agar mengetahui apa yang harus dilakukan.

Tetap Berpakaian layaknya Orang Kantoran
Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga semangat dan ritme kerja seseorang. Hindari mengenakan baju tidur dan melewatkan rutinitas mandi ketika bekerja dari rumah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini