Amalan Puasa Sunnah di Bulan Safar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tanggal 1 Safar bertepatan pada hari ini, Jumat 18 September 2020. Dengan demikian, kalender Hijriah memasuki bulan kedua yakni bulan Safar.

Dalam penanggalan Islam, bulan Safar adalah bulan yang terdapat antara bulan Muharram dan Rabiul Awal. Bulan Safar terdiri dari 30 hari sehingga bakal berakhir pada 17 Oktober 2020 dan langsung diikuti dengan 1 Rabiul Awal.

Diyakini bangsa Arab, bulan Safar kerap diyakini sebagai bulan yang penuh kesialan hingga musibah. Namun, Rasulullah SAW pernah menyebutkan bulan Safar bukanlah bulan yang sial. Beliau pun membantah mitos tersebut dengan sejumlah hadis.

“Tidak ada penularan penyakit (dengan sendirinya), tidak ada thiyarah, tidak ada kesialan karena burung hantu, tidak ada kesialan pada bulan Safar,” hadis riwayat Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan Ahmad.

Saat bulan Safar tiba, sebetulnya tidak terdapat amalan khusus yang dilakukan di bulan ini. Apapun amalan dan kebaikan yang diniatkan karena Allah SWT tentu boleh dilakukan di bulan Safar.

Namun, kamu bisa melakukan beberapa amalan sunnah untuk menambah keberkahan dan pahalamu di bulan Safar, salah satunya dengan berpuasa. Puasa tersebut bisa dilakukan secara Daud, atau sehari puasa sehari tidak, puasa di hari Senin dan Kamis, hingga puasa Ayyamul Bidh atau puasa tengah bulan.

Nah, buat kamu yang niat menjalankan puasa sunnah di awal bulan Safar ini, berikut jadwal puasa sunnah di bulan Safar 1442 H/2020:

  1. Puasa Ayyamul Bidh

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunah tengah bulan yang dilakukan pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan Hijriah. Di bulan Safar kali ini, ayyamul bidh bertepatan dengan 30 September, 1, dan 2 Oktober 2020.

Niat puasa Ayyamul Bidh:

Nawaitu shauma ayyami bidh sunnatal Lillaahi Ta’aalaa
“Aku berniat puasa sunah Ayyamul Bidh karena Allah SWT”
Niat puasa sunah bulan Safar ini dapat diucapkan di dalam hati atau dilafalkan dengan bersuara. Niatkan ibadah puasa sunah karena Allah SWT agar mendapatkan pahala di sisi Allah.
2. Puasa Senin dan Kamis
Puasa sunah Senin-Kamis merupakan puasa sunah yang dilakukan setiap hari Senin dan Kamis. Puasa Senin di bulan Safar 2020 dapat dilakukan pada tanggal 21 dan 28 September, serta 5 dan 12 Oktober.
Niat puasa Senin dan Kamis:
Nawaitu shauma yaumal itsnaini sunnatan lillaahi ta’aalaa.
“Saya niat puasa hari Senin, sunah karena Allah SWT.”
Puasa Kamis di bulan Safar 2020 dapat dilakukan pada tanggal 24 September, 1, 8, dan 15 Oktober.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini