Alasan Mengapa Intensitas Hujan di Beberapa Daerah Berbeda

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pernahkah kamu memerhatikan jalanan saat sedang melintas di satu daerah, jalanan terlihat sangat basah karena habis hujan, sementara di beberapa meter sebelumnya jalanan sangat kering?

Kita sering bertanya, bagaimana hal itu bisa terjadi? Hal itu dikarenakan adanya perbedaan intensitas hujan.

Yuk simak beberapa hal yang membuat terjadinya intensitas hujan yang berbeda di bawah ini!

1. Jarak yang Jauh

Jarak yang jauh dari sumber air atau sumber penguapan seperti danau atau laut. Semakin dekat suatu daerah dengan sumber penguapan, semakin tinggi pula intensitas curah hujannya.

Karena, apabila jauh dari sumber air, penguapan yg membentuk awan hujan akan gagal karena awan dari hasil penguapan tersebut akan terpencar atau tidak jadi terbentuk.

2. Perbedaan Suhu

Suhu yang berbeda antara daratan dan perairan. Suhu daratan yang lebih tinggi dari perairan membuat hujan akan lebih banyak jatuh di daerah perairan. Demikian pula sebaliknya.

3. Kondisi Angin

Arah angin juga memengaruhi tingginya curah hujan di suatu daerah. Apabila di daerah tersebut cenderung berangin, kemungkinan turun hujannya lebih sedikit dan intensitas hujanya lebih rendah.

4. Pengaruh Dataran

Tinggi atau rendahnya dataran suatu daerah. Semakin tinggi suatu daerah dari laut, maka curah hujannya semakin rendah pula. Karena suhunya juga semakin rendah.

5. Pengaruh Lokasi

Daerah yang terletak di sekitar garis khatulistiwa dan terdiri dari beberapa kepulauan membuat curah hujan di tempat tersebut tinggi.

Artinya, semakin jauh dari khatulistiwa, dan memiliki daratan yang luas membuat daerah tersebut hanya sedikit mendapatkan curah hujan.

6. Adanya Pegunungan di Daerah Tersebut

Demikian juga letak suatu daerah yang dibatasi oleh deretan pegunungan. Pegunungan akan menghalangi awan yang mengandung hujan untuk melewati daerah di balik pegunungan tersebut.

Sementara awan yang mengandung hujan tersebut akan terus naik dan belum berhenti sebelum melewati gunung, sehingga daerah yang dilewati awan itu mengalami curah hujan yang tinggi. Sedangkan daerah di balik pegunungan yang tidak berhasil dilewati awan tersebut akan memiliki curah hujan yang rendah.

Nah, sekarang terjawab sudah mengapa di suatu daerah bisa terjadi perbedaan curah hujan. Hal-hal yang sudah disebutkan di atas sangat memengaruhi intensitas hujan.

Reporter: Tashyarani Edi Putri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini