9 Lagu Kolaborasi SUGA BTS yang Disebut Jenius Sebagai Produser dan Rapper

Baca Juga

MATA INDONESIA, SEOUL – Bagi penggemar K-Pop, khususnya BTS, pastinya tahu SUGA. Yup, rapper BTS ini dikenal jenius karena banyak menghasilkan karya-karya hits.

Selain sebagai member BTS, pemilik nama asli Min Yoon Gi ini juga dikenal memproduseri beberapa lagu milik artis lain di luar BTS. Nama panggilan ketika menjadi produser adalah Min PD.

Dengan lebih dari 100 lagu yang dikreditkan oleh Asosiasi Hak Cipta Musik Korea, SUGA tidak diragukan lagi industri musik sebagai anggota BTS, rapper solo, dan kolaborator.

Berikut adalah beberapa kolaborasi SUGA selama bertahun-tahun sebagai rapper, produser, atau keduanya!

1. Agust D – “So Far Away” (Feat. Suran)

Kita semua tahu betapa sulitnya memiliki mimpi dan mewujudkannya. Suga mengangkat topik ini saat dia membahas rasa frustrasi dan kebingungan yang muncul darinya. Sementara itu, Suran menghibur dengan pesan-pesan harapan, menyanyi yang merupakan impian semua orang dan tinggal menunggu waktu saja sebelum menjadi kenyataan. Sinergis dan kuat, suara duet membawa kita pada perjalanan musik penyembuhan.

2. Suran – “Wine” (Prod. Oleh Suga dan Feat. Changmo)

Suga dan Suran kembali kolaborasi. Ini adalah kali pertama Suga menjadi produser untuk artis selain BTS. Lagu ini adalah campuran dari R&B, hip hop, dan elektro-pop dan menceritakan kisah seseorang yang mengenang mantannya sambil minum segelas anggur.

“Wine” memuncaki berbagai tangga lagu baik untuk Suran sejak debutnya maupun untuk Suga sebagai produser. Prestasi ini membuat kedua artis itu meraih Hot Trend Award di Melon Music Awards 2017.

3. Lee Sora – “Song Request” (Feat. Suga)

Di lagu ini Suga turut bernyanyi sekaligus mengambil danil dalam lirik. Diproduseri bersama oleh Tablo yang merekomendasikan Suga kepada Lee Sora untuk lagu ini, “Song Request” mencerminkan kesepian yang dirasakan seseorang yang membuat mereka menyalakan radio dan menyesuaikan lagu yang diputar dengan suasana hati mereka saat ini. Lagu ini mencapai all-kill sempurna di tangga musik dan menduduki puncak tangga lagu iTunes di seluruh dunia. Ini juga menandai kolaborasi pertama Suga sebagai artis yang menampilkan.

4. Epik High – “Eternal Sunshine” (Prod. Oleh Suga)

Suga dan Tablo bertemu lagi, dengan rapper BTS menjadi produser kali ini. Kolaborasi ini merupakan hadiah besar bagi penggemarnya dan Suga sendiri, yang merupakan penggemar berat Epik High. Irama yang asyik dan santai ini membawa lirik yang bermakna tentang kelelahan emosional yang muncul dari kekerasan masyarakat dan berisi nasihat ketiganya untuk menjalani hidup selangkah demi selangkah.

5. Heize – “We Don’t Talk Together” (Prod. Oleh Suga dan Feat. Giriboy)

Suga memproduseri Heize’s “We Don’t Talk Together” yang juga menampilkan Giriboy. Lagu lembut ini sangat cocok dengan kisah dua orang yang telah terpisah karena kurangnya komunikasi. Lagu ini tidak hanya memuncaki tangga musik besar, tetapi juga memenangkan tempat pertama di acara musik meskipun tidak dipromosikan.

6. Halsey – “Suga’s Interlude”

Halsey adalah teman baik BTS yang sebelumnya pernah tampil di salah satu lagu utama mereka “Boy With Luv.” Kali ini, Suga ditawari untuk menjadi bagian dari album terbaru Halsey dengan selingan bertuliskan namanya. Dia diminta untuk menulis syairnya dalam bahasa Korea, dan di dalamnya, dia membawa kembali salah satu kalimat lamanya dari BTS “Tomorrow.”

7. IU – “Eight”

Dua penulis lirik dengan bakat untuk kata-kata, emosi, dan perhatian bersatu untuk memberikan kita mahakarya yaitu “Eight”. Diproduseri bersama oleh Suga, balada ini membahas topik-topik yang menghantui setiap orang di usia akhir dua puluhan. Wajar saja, lagu ini menyapu tangga lagu baik domestik maupun internasional.

8. Agust D – “Burn It” feat. MAX

Apa yang dimulai sebagai pertemuan persahabatan berubah menjadi kesempatan musik yang luar biasa bagi Suga dan MAX. Keduanya melakukan kolaborasi di mixtape kedua Suga yang dikenal dengan August D.

Lirik bahasa Inggris MAX secara sempurna mencerminkan padanan Korea mereka dan menunjukkan harmoni yang sempurna antara kedua musisi. Penggemar akan mendapatkan lebih banyak dari duo ini, karena Suga akan tampil dalam “Blueberry Eyes” di album MAX mendatang “Color Vision”.

9. “Dear My Friend” feat. Kim Jong Wan dari Nell

Kali ini, Suga datang bersama dengan Kim Jong Wan untuk duet keren lainnya. Agust D memberkati kami dengan rapnya yang lambat namun menyayat hati tentang persahabatan yang tidak tahan dengan ujian waktu. Sementara itu, Kim Jong Wan bernyanyi melalui bagian reff, mengenang masa lalu yang indah dan bertanya-tanya apakah semuanya akan berbeda seandainya kedua teman tersebut menangani berbagai hal secara berbeda saat itu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini