museum mutter
Museum Mutter dan koleksi tengkorak. (muttermuseum.org)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Museum Mütter adalah museum medis yang berisi koleksi spesimen anatomi dan patologis, serta peralatan medis antik. Museum ini adalah bagian dari The College of Physicians of Philadelphia.

Museum Mütter didirikan pada tahun 1858, Museum ini didirikan dengan tujuan meletakkan sumbangan koleksi organ manusia, serta peralatan medis dari ahli bedah Amerika Thomas Dent Mütter.

Tujuan awalnya adalah untuk melanjutkan pendidikan kedokteran dan penelitian di pusat Kota Philadelphia. Mutter Museum berlokasi di 19 S 22nd St, Philadelphia, Amerika Serikat.

Di tempat ini terdapat kaki manusia hingga otak Albert Einstein, Museum Mütter menampung puluhan artefak aneh dari sejarah medis. Berikut adalah 8 diantaranya.

1. Sumbangkan tengkorak

Salah satu pameran museum yang paling populer adalah pameran 139 tengkorak yang dikumpulkan oleh ahli anatomi Wina Joseph Hyrtl pada tahun 1800-an.

Orang mati mungkin tidak menceritakan kisah, tetapi masing-masing tengkorak ini menyampaikan kisah yang unik dan menarik. Tengkorak milik seorang pelaut Finlandia misalnya menceritakan cara meninggalnya yang karena luka tembak.

Museum juga mempersilakan para pengunjung untuk mendonorkan tengkorak siapapun, namun pendonor harus membayar 200 dolar AS untuk pembersihan, perawatan, serta penempatan tengkorak pada kaca bertuliskan nama pendornor.

2. Sepotong Wajah Manusia

Di museum ini juga terdapat terngkorak potongan wajah manusia. Seorang dokter dan dokter gigi pada tahun 1900-an, Matthew Cryer, mempersiapkan potongan tengkorak manusia untuk mempelajari perkembangan pembentukan dan perkembangan rongga mulut dan sinus.

Museum ini memiliki sedikitnya 400 sampel serupa lainnya yang dikoleksi.

3. Rib Bones dari Seseorang dengan penyakit Rakitis

Museum ini juga memiliki potongan tulang rusuk yang berasal dari seseorang dengan rakitis. Rakitis adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin D dan menyebabkan tulang lunak.

4. Topeng Kulit Manusia

Salah satu artefak asing di museum adalah botol kulit manusia yang dipetik. Jadi … seperti apa sebotol kulit manusia pilihan? Menurut Dr. Robert Hicks, direktur museum, sebotol kulit manusia yang dipetik berbau samar seperti keju Romano.

5. Lemak Hippopotamus dari Zulus di Afrika Selatan

Menurut Dr. Hicks, Zulus di Afrika Selatan menggunakan lemak kuda nil untuk menyembuhkan sakit perut. Mereka juga menggunakannya untuk menciptakan “chemistry” antara hewan untuk mendorong mereka kawin.

6. Otak Albert Einstein

Museum Mütter adalah salah satu dari dua tempat di dunia yang menyimpan bagian otak Albert Einstein. Bagian otak, setebal 20 mikron dan diwarnai dengan cresyl violet, disimpan di dalam kaca yang dipajang di Galeri Museum utama. Seperti dikutip dari muttermuseum.org

Ketika fisikawan meninggal di New Jersey, ahli patologi Thomas Harvey, MD, mengautopsi tubuh dan mengambil otak Einstein tanpa izin keluarga. Namun akhirnya menerima izin untuk menjaga otak Einsten, tetapi hanya dengan syarat digunakan untuk penelitian ilmiah.

7. Kaki Manusia

Salah satu koleksi aneh Museum Mütter adalah kaki manusia yang diamputasi. Kaki diambil dari seorang pasien yang menderita diabetes.

8. Bagian Usus Kecil

Pada tahun 1849, kota Philadelphia mengalami wabah kolera, kejadian itu menewaskan 1012 orang. Bagian usus kecil dari salah satu korban ini dikumpulkan dan ditempatkan dalam toples untuk dipelajari dan dipajang. (Mila Arinda)

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here