7 Makanan yang Sering Muncul di Drama Korea

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Demam drama Korea (Drakor) tengah menjamur hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Mulai dari gaya berpakaian, gaya berbicara, style rambut, hingga makanan dan minuman mampu membuat para penggemarnya tergoda untuk mencoba.

Bagi penggemar yang sering menonton drama Korea atau variety show, pasti sudah tak asing lagi dengan makanan yang sering muncul. Makanan asal Negeri Ginseng ini ibarat ciri khas, sekaligus bagian dari ajang promosi kuliner negara.

Nah, bagi kalian yang penasaran dengan makanan yang sering muncul di drama korea. Berikut rangkumannya:

  1. Kimchi

Para pecinta Drakor pasti sudah akrab dengan makanan satu ini. Yup Kimchi! Di negara asalnya, Kimchi menjadi salah satu makanan pendamping maupun makanan utama, seperti misalnya Kimchi Bokkeumbap (Nasi Goreng Kimchi) dan Kimchi Jjigae (Sayur Kimchi Kuah).

Bahan dasar Kimchi yakni, sawi putih atau lobak yang difermentasi dengan bumbu gochujang, gochugaru (cabai bubuk), jeotgal (terasi Korea,) dan wortel. Kimchi memiliki cita rasa yang berbeda-beda mulai dari pedas, asam, manis, dan masih banyak lagi.

  1. Tteokbokki

Tteokbokki merupakan jajanan kaki lima yang terbuat dari kue beras dan odeng/eomuk yang kemudian dimasak dengan bumbu gochujang. Dibuat dari saus merah yang menggoda, perpaduan warna merah yang tercipta menjadikan tteokboki begitu eye catching saat dilihat dalam suatu adegan.

  1. Jajangmyeon

Jajangmyeon juga menjadi salah satu makanan yang sangat popular di Korea, terutama pada tradisi ketika memiliki rumah baru. Pemilik rumah akan memesan jajangmyeon melalui layanan pesan antar restoran Korea dan biasanya dinikmati dengan kerabat atau sahabat.

Makanan ini terbuat dari mie kenyal yang disajian dalam saus jajang (fermasi kedelai hitam) yang gurih dengan daging babi (biasanya) serta lobak sebagai pelengkapnya.

  1. Bibimbap

Bimbimbap terbuat dari nasi putih yang dicampur dengan berbagai macam makanan pelengkap seperti tumisan tauge, tumisan daging, bayam, jamur, wortel dan telur sebagai pelengkap. Nasi ini kemudian diaduk-aduk dan diberikan saus yang terbuat dari gochujang, biasanya dalam suatu adegan bibimbap dibuat dalam porsi besar dan dimakan bersama-sama.

  1. Gimbap

Berbeda dengan sushi, gimbap merupakan makanan khas korea yang terbuat dari nasi yang digulung dengan berbagai jenis sayuran seperti mentimun dan acar, telur, daging, dan kemudian dilapisi lembaran rumput laut kering.

  1. Ramyeon

Kalau ramyeon jangan ditanya lagi ya, makanan satu ini memang sangat terkenal baik di Korea maupun di negara lainnya. Mengapa ramyeon dapat membuat para pencinta drama Korea ketagihan? Selain rasanya yang khas, seni menikmati ramyeon terbilang unik karena kita dapat menikmatinya langsung dari panci, seperti yang dilakukan si tampan Lee Min Ho di Boys Before Flowers. Jangan lupa pakai tutup pancinya ya agar kuah ramyeon tidak menetes!

  1. Bulgogi

Bulgogi merupakan istilah untuk daging sapi atau perut babi yang dibakar atau berbeque khas Korea. Di Drakor terlihat bila orang Korea gemar memakan Korea BBQ, baik di restoran maupun di rumah.

Korea BBQ sendiri memiliki banyak jenis, di antaranya: bulgogi, samgyeopsal, dan sebagainya serta dimakan ala ssam. Sebagai catatan, Ssam merupakan teknik memakan daging dengan dibungkus sayuran lalu dibaluri dengan ssamjang  atau kimchi serta menambah item lain seperti bawah mentah, cabai hijau (besar), bawang putih dan nasi

Reporter: Eka Budiarti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini