5 Tips Merawat Kulit Sensitif yang Tepat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Terkadang memiliki kulit sensitif bisa menimbulkan rasa kurang percaya diri. Apalagi jenis kulit tersebut membutuhkan perawatan ekstra.

Ciri-ciri kulit sensitif biasanya kulit wajah kamu terasa gatal, perih, bahkan memerah ketika salah menggunakan perawatan wajah dengan kandungan tertentu.

Lalu bagaimana cara merawat kulit yang sensitif? Berikut beberapa tipsnya.

1. Pilih produk yang tepat
Cara merawat kulit sensitif yang pertama adalah memilih produk perawatan wajah yang tepat. Karena sifat dari kulit sensitif itu mudah bereaksi terhadap suatu produk atau cuaca.

Kamu perlu lebih teliti, terutama saat membaca kandungan dalam produk perawatan wajah. Usahakan untuk memilih dan menggunakan produk yang minim bahan kimia atau produk dengan formula yang tidak menyebabkan iritasi kulit.

2. Pakai sunscreen
Cara merawat kulit sensitif selanjutnya adalah menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas. Ini penting bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, karena pemakaian sunscreen penting untuk melindungi kulit wajah dari sunburn, munculnya sunspots, hingga iritasi yang tidak diinginkan yang disebabkan paparan sinar matahari.

3. Hindari Terlalu Sering Mencuci Wajah
Bagi pemilik wajah sensitif, hindari terlalu sering membersihkan wajah. Lakukan secukupnya saja, yakni dua kali sehari, saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Jika kamu membersihkan wajah terlalu sering, ini bisa memperparah kondisi kulit sensitif. Hindari terlalu sering melakukan eksfoliasi karena dapat membuat lapisan penghalang kulit makin tipis.

4 Hindari Menyentuh Wajah
Cara merawat kulit sensitif yang terakhir adalah menghindari menyentuh wajahmu terlalu sering. Terdengar sepele, tapi faktanya memindahkan kotoran dan bakteri yang ada pada jari/telapak tangan ke kulit wajah, lho. Sehingga, risiko kulit wajah sensitifmu bereaksi dapat meningkat dapat memicu munculnya jerawat.

Tentunya berbahaya di kondisi pandemi seperti ini. Apabila kamu ingin menyentuh wajah, pastikan tanganmu bersih.

5. Kurangi Penggunaan Make up
Penggunaan produk make up yang berlebihan hanya akan membuat kulitmu infeksi. Maka dari itu, kurangilah penggunaan riasan wajah tersebut.

Sebagai gantinya, kamu harus rajin mengonsumsi makanan sehat agar kecantikan alamimu semakin terpancar. Selain itu kamu bisa menggunakan ramuan alami agar kulitmu senantiasa sehat tanpa satu pun lapisan makeup.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini