4 Manfaat Minum Kopi untuk Tubuh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda dalam mengonsumsi minuman kopi. Anda bisa saja menyukai minuman kopi dari kafe dekat kantor, sedangkan teman Anda lebih menyukai kopi yang mereka buat sendiri.

Anda juga bisa menyajikan kopi dengan tambahan seperti susu dan diminum dalam keadaan hangat. Selain hangat, kopi juga bisa dinikmati dalam bentuk es kopi yang bisa disimpan dalam botol minuman.

Jika Anda masuk dalam kategori orang yang suka mengonsumsi kopi, maka Anda harus mengetahui manfaat dan juga porsi minum kopi yang tepat. Simak selengkapnya di bawah ini.

Manfaat Mengonsumsi Kopi

1.    Terhindar dari Penyakit

Kopi mengandung beberapa nutrisi penting, termasuk vitamin B2, vitamin B3, magnesium, potasium, dan beberapa antioksidan lainnya. Para ahli menyatakan bahwa seluruh elemen yang terkandung dalam kopi dapat menguntungkan Anda.

Kandungannya dapat membantu Anda terhindar dari beberapa penyakit berat, seperti stroke, penyakit jantung, penyakit Parkinson, dan masih banyak lagi. Anda bisa mengurangi risiko gagal jantung dengan rutin mengonsumsi dua gelas kopi setiap harinya.

2.    Menjaga Berat Badan

Minuman kopi juga mengandung magnesium dan potasium, yang diketahui dapat membantu tubuh memproduksi insulin dan meregulasi tingkat kadar gula dalam darah Anda. Hal ini dapat menekan keinginan untuk menyantap makanan manis dan mengurangi kebiasaan untuk mencamil makanan ringan.

Untuk Anda yang sedang mencoba untuk menjaga berat badan, mengonsumsi kopi hitam dapat membantu memecah asam lemak dalam tubuh dan mengurangi berat badan dengan kandungan yang hanya sebanyak 2 kalori saja.

3.    Teman Berolahraga

Kafein pada kopi disebut sebagai salah satu bahan dengan khasiat terbanyak. Selain untuk memberikan energi tambahan, kafein juga bisa memaksimalkan pembakaran lemak tubuh jika dikonsumsi sebelum berolahraga.

Oleh karena itu, mengonsumsi kopi setengah jam sebelum berolahraga dapat meningkatkan performa fisik Anda hingga 11-12%. Tidak hanya itu, kafein juga meningkatkan hormon adrenalin dalam tubuh Anda dan membuat sesi olahraga Anda menjadi semakin memuaskan.

4.    Menjadi Lebih Positif

Riset menemukan bahwa mengonsumsi kopi dapat meningkatkan suasana hati dan perasaan senang. Kandungan kafein pada kopi, yang merupakan stimulan untuk mendorong Anda menjadi lebih berenergi.

Tidak hanya itu, kafein juga diketahui mampu meningkatkan kemampuan otak dalam menyimpan memori, menyerap informasi, meningkatkan suasana hati, dan juga mendorong fungsi mental. Dengan mengonsumsi kopi dalam porsi yang wajar, Anda tidak akan terikat dengan perasaan-perasaan negatif. Jadi, bukan hanya sehat secara fisik saja, kopi juga akan meningkatkan kinerja otak sampai 24 jam setelah dikonsumsi.

Porsi Kopi yang Wajar

Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi kopi secara rutin dengan porsi di bawah 400 mg kafein dalam satu hari. Satu gelas kopi 200 ml biasanya mengandung 80 sampai 100 mg kafein, yang berarti Anda bisa minum empat gelas kopi maksimal setiap harinya. Walau begitu, setiap orang memiliki kondisi tubuh dan kapasitasnya masing-masing.

Jika Anda sering mengalami pusing atau gejala-gejala lain yang kurang wajar, Anda disarankan untuk coba melihat porsi kafein yang Anda konsumsi dan menguranginya. Jangan lupa untuk memonitor kondisi kesehatan untuk memastikan porsi kafein yang cocok untuk Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Sambut Pilkada 2024, PDIP Kulon Progo Jaring Empat Nama Kadernya Maju Bacalon Bupati

Mata Indonesia, Kulon Progo - Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kabupaten Kulon Progo sedang melakukan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Ketua DPC PDI Perjuangan Kulon Progo, Fajar Gegana, menyatakan bahwa penjaringan ini dilakukan melalui rapat kerja cabang yang diadakan serentak di 12 pengurus anak cabang (PAC). Salah satu agenda utama adalah penjaringan dari tingkat bawah untuk bakal calon bupati dan wakil bupati.
- Advertisement -

Baca berita yang ini