3 Langkah Jitu Bersihkan Kotoran Mata saat Baru Bangun Tidur

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Baru bangun tidur, kotoran di mata menumpuk dan membuat kamu tidak nyaman? Tenang, ada cara tepat dan aman untuk membersihkannya. Jangan asal-asalan ya, bisa berbahaya.

Mata yang sehat, tentu adalah mata yang bersih. Kotoran jika tak dibersihkan, bisa mengganggu penglihatanmu, mungkin juga berdampak buruk di masa depan.

Biasanya, kotoran disebabkan benda dari luar seperti debu, pasir, tanah, hingga serpihan logam yang masuk ke dalam mata dan mengganggu kornea. Selain faktor dari luar, kotoran juga bisa disebabkan dari dalam, seperti masalah infeksi, alergi atau iritas.

Lalu, bagaimana membersihkan kotoran di mata dengan aman? Berikut langkahnya.

1. Siapkan Kain Bersih

Pertama, siapkan kain bersih yang harus benar-benar higienis. Kain ini berfungsi untuk mengompres mata.

2. Cuci Tangan

Kamu harus memastikan, tanganmu bersih. Jika kamu tak cuci tangan, bisa saja ada bakteri atau mikroba berbahaya lainnya yang menempel, dan bisa berdampak buruk buat mata.

3. Pengompresan

Setelah mencuci tangan, rendam kain yang kamu siapkan ke dalam air hangat. Biarkan beberapa detik, lalu kompreskan ke matamu. Tunggu sejenak, kira-kira dua hingga lima menit, kemudian usap kain tersebut ke mata untuk proses pembersihan.

Agar lebih aman, jangan usap terlalu kuat, apalagi sampai menyentuh bola mata secara langsung.

Jika kamu memiliki masalah dengan kotoran mata di kemudian hari, namun sulit diatasi, periksakan ke dokter, barangkali ada penyakit lain yang hinggap di tubuhmu.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini