3 Film Bollywood dengan Biaya Bombastis

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jika berbicara soal perfilman Bollywood pasti tidak akan lepas dari kualitas yang ditampilkan. Mulai dari pakaian yang mewah, latar tempat yang menakjubkan, hingga tarian yang sangat meriah.

Akan tetapi pernahkah Anda berpikir mengenai jumlah biaya yang dihabiskan untuk sebuah film Bollywood? Nah, berikut ini adalah daftar film Bollywood dengan biaya yang bombastis:

  1. Bahubali – The Beginning

Bahubali adalah salah satu produksi film terbesar yang dilakukan di India. Film ini dibuat dengan menghabiskan anggaran sebesar 28 juta USD atau sekitar 395 miliar Rupiah (kurs 14,096), menjadikannya film India termahal pada saat dirilis.

Film ini dibuka di seluruh dunia pada 10 Juli 2015 dan berhasil mengumpulkan pujian kritis serta  kesuksesan box office yang memecahkan rekor. Dengan pendapatan kotor box office di seluruh dunia sebesar 100 juta USD atau sekitar 1,4 triliun Rupiah! Dan film ini menjadi film dengan pendapatan kotor tertinggi di India.

Versi sulih suara Hindi-nya juga memecahkan beberapa rekor dengan menjadi film sulih suara terlaris di India. The Beginning adalah film India terlaris tahun 2015 dan film India terlaris keempat sepanjang masa.

  1. Bajrangi Bhaijaan

Film ini dibintangi oleh Salman Khan dan Harshaali Malhotra, dengan Nawazuddin Siddiqui dan Kareena Kapoor Khan sebagai pemeran pendukung. Salman Khan berperan sebagai Bajrangi, seorang pemuja dewa Hindu Hanuman yang bersemangat, yang memulai mengambil seorang gadis Pakistan berusia enam tahun yang bisu (Malhotra), yang terpisah di India dari orang tuanya, kembali ke kampung halamannya di Pakistan.

Dilansir dari situs The Corn Hot, film ini digarap dengan anggaran 14 juta USD atau sekitar 197 miliar Rupiah, fotografi utama dimulai pada November 2014.

Sinematografinya dikerjakan oleh Aseem Mishra dan diedit oleh Rameshwar S. Bhagat. Soundtracknya diciptakan oleh Pritam, yang bekerja sama dengan Julius Packiam untuk membuat musik latar. Itu menjadi film India terlaris kedua yang pernah ada pada saat itu.

  1. Bajirao Mastani

Bajirao Mastani adalah film roman sejarah epik India yang dirilis tahun 2015 dan disutradarai oleh Sanjay Leela Bhansali. Film ini diproduksi bersama oleh Bhansali dan Kishore Lulla dari Eros International serta dibintangi oleh Ranveer Singh, Deepika Padukone, dan Priyanka Chopra.

Berdasarkan novel Marathi Raau karya Nagnath S. Inamdar, Bajirao Mastani menceritakan kisah Maratha Peshwa Bajirao I (1700–1740 M) dan istri keduanya Mastani.

Film ini dirilis pada 18 Desember 2015 dan mendapat ulasan positif, dengan pujian diarahkan ke Bhansali, berbagai pencapaian teknis, dan penampilan para pemeran, terutama Chopra dan Singh.

Bajirao Mastani juga terkenal karena skala, kemegahan, dan perhatiannya terhadap detail. Dengan anggaran sebesar ₹ 1,45 miliar, termasuk pemasaran dan iklan, ini adalah salah satu film Hindi termahal.

Film ini telah meraup keuntungan lebih dari ₹ 3,56 miliar di box office, menjadi kesuksesan komersial besar dan salah satu film India dengan pendapatan kotor tertinggi sepanjang masa. 

Reporter: Ananda Salsabila Nadira

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini