Wilayah Pertama yang akan Berganti Tahun Hingga Wilayah Terakhir

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setiap malam pergantian tahun masehi dirayakan dengan berbagai cara dan dengan waktu yang berbeda-beda, termasuk untuk Tahun Baru 2021 ini. Samoa, Tonga dan Kepulauan Christmas di Karibati menjadi tiga wilayah di dunia yang pertama kali menyambut tahun baru.

Setiap Negara memiliki zona waktunya masing-masing, sehingga tahun baru mdi setiap Negara juga tidak terjadi di waktu yang sama. Saat kita yang ada di Indonesia masih menikmati sore hari pada tanggal 31 Desember 2020 nanti, akan ada Negara lain yang sudah berganti tahun. Begitupun ketika kita yang tinggal di Indonesia sudah merayakan pergantian tahun baru, ada juga Negara yang belum berganti tahun ke tahun 2021.

Tahukah kalian, jarak antara negara pertama dan terakhir yang merayakan tahun baru adalah 25 jam, lho. Pulau Tonga di Pasifik, dan Kepulauan Christmas di Karibati akan memulai tahun baru pada jam 10 pagi GMT atau pukul 17.00 WIB  tanggal 31 Desember nanti, dan menjadikan negara di pulau kecil itu sebagai negara yang pertama di dunia yang merayakan Tahun Baru.

Nah, berikutnya di susul oleh  Samoa di Amerika Serikat (AS) yang berjarak hanya 558 mil dari Tonga, tempat penduduk setempat dan pengunjung merayakan 25 jam sebelumnya. Karena itu, dimungkinkan untuk mendapatkan penerbangan cepat di antara keduanya dan menghitung mundur ke 2021.

negara tersebut merayakan Tahun Baru pada pukul 11 pagi GMT atau  18.00 WIB tanggal 31 Desember 2020. Kemudian beberapa wilayah di Selandia Baru, kemudian sebagian Rusia dan Australia.

Setelahnya, di Negara Asia yang pertama kali berganti tahun adalah Jepang dan Korea. Tepat saat pukul 22.00 WIB di Indonesia, Di wilayah timur Indonesia akan berganti tahun terlebih dahulu pada waktu ini. Satu jam kemudian, penduduk di wilayah Indonesia Bagian Tengah juga akan berganti tahun baru, bersama dengan penduduk negara Tiongkok, Singapura, dan Filipina. Sedangkan, Indonesia Bagian Barat akan mengalami Tahun Baru bersamaan dengan Thailand, Vietnam dan Kamboja saju jam berikutnya. Setelah Asia Tenggara, giliran Asia Selatan yang berganti tahun dan kemudian di susul oleh Asia Tengah.

Saat kita sudah menjalani tanggal 1 Januari dan telah merayakan tahun baru, ada negara yang baru berganti tahun, yaitu wilayah pulau-pulau kecil terluar Amerika Serikat (AS), seperti Pulau Baker dan Pulau Howland yang memasuki tahun baru pada pukul 12 siang GMT atau pukul 19.00 WIB  pada tanggal 1 Januari 2021, tetapi karena tidak berpenghuni, tidak ada perayaan di pulau tersebut dan orang-orang cenderung melupakannya. Meskipun terlupakan, wilayah-wilayah itulah yang menjadi wilayah paling terakhir yang akan berganti tahun.

Reporter : Anggita Ayu Pratiwi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini